Pengaruh Media Spinning Wheel terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal pada Siswa Hambatan Pendengaran Kelas V di SLB Negeri Jember

Authors

  • Ahmad Junaidi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lailil Aflahkul Yaum Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra P Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/q04esg04

Abstract

Spinning wheel merupakan media yang bisa diputar serta memilikiibeberapa bagian warna dalamisisinya dan spinning wheel ini dapat dimodifikasiisesuai dengan kebutuhanianak serta pembelajaran yang akan diajarkan terhadap anak. Penelitian iniibertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf vokal melaluiimedia spinning wheel pada siswaohambatan pendengaran kelas V di SLB Negeri Jember. Jenis penelitian yangidigunakan yaitu Single SujectoRresearch (SSR). Penelitianoiniimenggunakan desainoA-B. Subjek penelitianiini berinisialoA. Dalam penelitianiini menggunakanodua fase yaituifase baselineo (A) dan fase intervensio(B). Pada fase penelitiimelaksanakan 15 kalioyang di bagiimenjadi 2ofase, fase baseline (A) selamao5 sesi danifase intervensi (B) oselama 10 sesi persesi dilakukanoselama 60 menit. Dariohasilipersentase baseline (A) yaitu 25%, 30%, 30%, 35%, dan 35%, sedangkan hasilipersentase intervensi (B) oyaitu 35%, 40%, 45%, 45%, 55%, 55%, 60%, 70%, 75%. dan 75%. Hasil yang diperolehidilanjutkan dengan analisis dalamikondisi danoanalisis antar kondisi. Pada persentaseioverlap yang didapatkanoyaitu 0% yangimenunjukkan banwa intervensi yang diberikanipada siswa berpengaruh terhadapikemampuan mengenal huruf vokal  yang menggunakanimedia spinning wheel. Denganidemikian rumusan masalahiyang ditemukan sudah terjawab bahwaimedia spinning wheel sangat efektifiuntuk mengetahui kemampuan siswa dalam kemampuanimengenal huruf vokal padaisiswa hambatan pendengaran kelas V di SLB NegeriiJember.

Kata Kunci: Hambatan Pendengaran, Media Spinning Wheel, Mengenal Huruf Vokal

Published

2025-04-28