Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Disabilitas Grahita Kelas Dasar II di SLB C TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31539/4xw2dv41Abstract
Media kartu kata merupakan salahssatu ide untuk menyampaikan pendapat konsep dalam bentuk tertulis dan merupakan alat visual yang penting serta dapatmmenstimulus aspek perkembangan kemampuan membacappermulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata pada disabilitas grahita kelas dasar II di SLB C TPA Jember. Jenis penelitianyyang digunakan yaituuSingle Suject Rresearch (SSR). Penelitianuinimmenggunakan desainnA-B. Subjek penelitian ini berinisialnI. Dalamppenelitian ini menggunakanndua fase yaitu fase baseline (A) dannfase intervensi (B). Pada fase peneliti melaksanakan 15 kali yang di bagimmenjadi 2 fase, fase baseline (A) selama 5 sesi dannfase intervensi (B) selaman10 sesi persesi dilakukan selama660 menit. Dari hasil persentase baseline (A) yaitu 25%, 25%, 30%, 35%, dan 35%, sedangkan hasil persentase intervensi (B) yaitu 40%, 40%, 55%, 55%, 65%, 75%, 75%, 80%, 80%. dan 80%. Hasilnyang diperoleh dilanjutkan dengan analisis dalamnkondisi dannanalisis antar kondisi. Padanpersentase overlapyyang didapatkan yaitu 46% yang menunjukkan banwa intervensi yang diberikan pada siswa berpengaruhnterhadap kemampuan membaca permulaan yang menggunakan media kartu kata. Dengan demikian rumusannmasalah yang ditemukan sudah terjawab bahwa media kartu kata sangat efektif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam kemampuanmmembaca permulaan pada disabilitasggrahita kelas dasar II di SLB C TPA Jember.
Kata Kunci: Disabilitas Grahita, Media Kartu Kata, Membaca Permulaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Lestari, Lailil Citra P, Nostalgianti Citra P

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.