Pengaruh Media Kelereng terhadap Kemampuan Berhitung 1-10 pada Siswa Hambatan Intelektual Kelas III di SLB Starkids Jember

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lailil Aflahkul Yaum Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra P Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/j5nm7a24

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kelereng terhadap kemampuan berhitung 1-10 pada siswa hambatan intelektual kelas III di SLB STARKIDS Jember. Tujuan dari media kelereng yaitu untuk mengasah kemampuan berhitung 1-10, dan melatih konsentrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian inikadalah SSR (Single Subject Research) dengankdesain A-B, (A) adalah fasekbaseline dan (B) adalah fase intervensi. Subjek penelitiankini berinisial Pkadalah siswa dengan hambatankintelektual kelas III. Analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dengan data nilai persentase baseline yaitu 25%, 25%, 30%, 30%, 30%, sedangkan persentase fase intervensi 30%, 35%, 35%, 40%, 40%, 50%, 50%, 50%, 60%, dan 60%. Nilai persentase terendah fase baseline (A) adalah 25% dan nilai persentase tertinggikadalah 30%. Nilai persentase terendah fase intervensi adalah 30% dan nilai persentase tertinggi 60%. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa media kelereng dapat berpengaruh dalam kemampuan berhitung 1-10  pada siswa hambatan intelektual kelas III di SLB STARKIDS Jember.

Kata Kunci: Berhitung 1-10, Hambatan Intelektual, Media Kelereng.

Published

2025-05-04