Pengaruh Media Bola Kecil Warna-Warni terhadap Kemampuan Mengenal Warna Primer dan Sekunder pada Siswa Hambatan Pendengaran Kelas II di SLB Negeri Jember
DOI:
https://doi.org/10.31539/cxqsyv87Abstract
Tujuankdari penelitian ini adalahkuntuk mengetahui pengaruhkmedia bola kecil warna-warni terhadap kemampuan mengenal warna primer dan sekunder pada siswa hambatan pendengaran kelas II di SLB Negeri Jember. Tujuan dari media bola kecil warna-warni yaitu untuk mengasahpkemampuan mengenal warna primer dan sekunder. Mengenal warna kepada anak dapat membentuk struktur kognitif, dalam proses pembelajaran dan pemahamannya akan lebih kaya dan lebih dalam. Dalam hal ini anak mengetahui warna secara konsep berdasarkan pengalaman belajarnya. Metodekyang digunakanidalamipenelitian inikadalah SSR (Single Subject Research) dengankdesain A-B, (A) adalah fasekbaseline dan (B) adalah fasekintervensi. Subjek penelitiankini berinisial Pkadalah siswa dengan hambatankpendengaran kelas II. Analisiskdata yang digunakankyaitu analisis dalamkkondisi dan analisis antarkkondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanyakpeningkatan dengan dataknilai persentase baseline yaitu 25%, 29%, 29%, sedangkan persentase fase intervensi 29%, 33%, 50%, 50%, 54%, 75%, dan 75%. Nilai persentasekterendah fase baseline (A) adalah 25% dan nilaiipersentase tertinggikadalah 29%. Nilai persentasekterendah fase intervensii adalah 29% daninilai persentasektertinggi 75%. Dengan demikian dapatkdibuktikan bahwa media bola kecil warna-warni dapat berpengaruh dalam kemampuan mengenal warna primer dan sekunder pada siswa hambatan pendengaran kelas II di SLB Negeri Jember.
Kata Kunci: Hambatan Pendengaran, Media Bola Kecil Warna-Warni, Mengenal Warna.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khusnul Khotimah, Lailil Aflahkul Yaum, Nostalgianti Citra P

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.