Pengaruh Pembelajaran Berdifferensiasi terhadap Hasil Belajar  Bahasa Indonesia Siswa Autis Kelas 2 SD di Sekolah Inklusi

Authors

  • Ari Handoko Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rennalatama Kisnawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rosika Novia Megaswarie Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Partiwi Ngayuningtyas Adi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/f2wgh835

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penagruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa autisme kelas 2 SD di Sekolah Inklusi. Pendekatan kuantitatif  dengan jenis eksperimen semu  (quasi-experimental) digunakan pada penelitian ini. Pre-test post-test one group design adalah desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yang bertujuan untuk memberikan perlakuan melalui pembelajaran berdiferensiasi pada satu kelompok serta melakukan pembandingan sebelum dan sesudah perlakuan. Subyek penelitian adalah 5 siswa autis kelas 2 SD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil pada penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa autis kelas 2 SD. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil peningkatan dari nilai rata-rata pre-test 57,6 menjadi 77,2 pada nilai rata-rata post-test. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa autis kelas 2 SD di Sekolah Inklusi.

Kata Kunci: Hasil belajar Bahasa Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi, Siswa Autis

Downloads

Published

2025-06-18