Penerapan Model Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.31539/jeqp0057Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar materi kondisi Perekonomian di daerahku, hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 46 Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Index card match. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre- experimental one grup pre-test post- test grup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data diketahui hasil pre- test memiliki nilai rata- rata sebesar 67,50 dan hasil post- test memiliki nilai rata- rata sebesar 79,00. Hal ini menunjukan nilai rata- rata post- test lebih besar dari pada nilai rata –rata post- test dengan selisih nilai sebesar 11,50. Setelah dihitung menggunakan uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,88 yang dibandingkan dengan nilai t-tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,72 jadi nilai t-hitung > t-tabel atau 2,88 > 1,72. Simpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada materi kondisi perekonomian di daerahku untuk mengukur hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 46 Lubuklinggau secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Index Card Match, Model Kooperatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Denshi Ramadhan, Dedy Firduansyah, Sujarwo Firduansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.