Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analisys (MEA) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau

Authors

  • Via Anugrah Universitas PGRI Silampari
  • Supriyanto Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Gawdy Prananosa Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/m46kd994

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran means ends analisys (MEA) secara signifikan mencapai kriteria ketercapain tujuan pembelajaran (KKTP). Metode penelitian yang digunakan adalah berbentuk eksprimen (pre-experimental design) dengan desain eksperimen yang digunakan berbentuk desain one group pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas sampel yaitu kelas V.B dengan jumlah siswa 22 orang. Instrumen yang digunakan penulis berbentuk soal pilihan ganda berjumlah 13 soal. Pengumpulan data diambil menggunakan tes. Data analisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data dengan taraf signifikan  dan dk= n-1 menunjukan besar = 4,44 dan = 1,72. Karena  , yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan, rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran means ends analisys (MEA) secara signifikan mencapai kriteria ketercapain tujuan pembelajaran (KKTP).

Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Model pembelajaran MEA.

Downloads

Published

2025-09-01