Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 11 Lubuklinggau

Authors

  • Yunita Appriyana Universitas PGRI Silampari
  • Akmal Rijal Universitas PGRI Silampari
  • Cahyo Dwi Andita Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/g9frkv93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 11 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Index Card Match. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah  penelitian eksperimen yang berbentuk desain One Group Pre-Test dan Post-Test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu penentuan sampel secara acak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, dan menggunakan uji hipotesis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata 77,89 dengan ketuntasan belajar (83%). Hasil analisis uji-t diperoleh hasil perhitungan thitung = 5,70 > ttabel = 1,070 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan, bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 11 Lubuklinggau setelah diterapkan model Index Card Match signifikan tuntas.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Index Card Match, Matematika.

Downloads

Published

2025-09-05