Program Intervensi Dini dalam Melatih Bina Diri Anak Disabilitas Intelektual Ringan
DOI:
https://doi.org/10.31539/xh6hkz81Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program intervensi dini dalam melatih keterampilan bina diri pada anak disabilitas intelektual ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan satu subjek berusia enam tahun yang menunjukkan tiga keterbatasan bina diri, yaitu makan, mandi, dan memakai baju secara mandiri. Intervensi dilakukan selama empat minggu dengan lima kali pertemuan dalam setiap minggunya. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan keterampilan bina diri anak. Perkembangan ini ditandai dengan anak menjadi lebih mandiri dan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas sendiri. Kolaborasi dengan orang tua sangat penting untuk keberhasilan program. Simpulan, penelitian ini menegaskan bahwa intervensi dini sangat penting untuk membantu anak dengan disabilitas intelektual ringan menjadi lebih mandiri.
Kata Kunci: Bina Diri, Disabilitas Intelektual Ringan, Intervensi Dini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmatullah, Renalatama Kismawiyati, Rosika Novia Megaswarie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.