Program Intervensi Dini Bersumber Daya Keluarga pada Anak dengan Hambatan Perkembangan Emosi

Authors

  • Ali Bachtiar Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rosika Novia Megaswarie Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/rv21c878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program intervensi dini bersumber daya keluarga pada anak dengan hambatan perkembangan emosi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif pada satu keluarga yang memiliki anak usia enam tahun dengan hambatan perkembangan emosi. Pelaksanaan program intervensi dilakukan selama enam minggu di lingkungan rumah. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua berpartisipasi secara aktif dalam aktivitas seperti permainan emosi, jadwal visual, dan relaksasi, dapat mengembangkan kemampuan anak untuk mengidentifikasi dan mengelola emosinya. Program intervensi dini bersumber daya keluarga ini juga mengembangkan kemampuan orang tua untuk merespons emosi anak dengan sabar dan tepat. Intervensi dini berbasis keluarga telah terbukti dapat diterapkan untuk mendidik anak usia dini, terutama pada anak dengan hambatan perkembangan emosi.

Kata Kunci: Intervensi Dini, Hambatan Perkembangan Emosi, Sumber Daya Keluarga.

Downloads

Published

2025-09-03