Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV

Authors

  • Eva Yuliyanah Universitas PGRI Silampari
  • Akmal Rijal Universitas PGRI Silampari
  • Armi Yuneti Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/gnxh4669

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran CIRC dapat secara signifikan meningkatkan ketuntasan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri 3 Wonosari. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV sebanyak 24 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Sampel penelitian adalah seluruh anggota populasi, sehingga menggunakan teknik sampel total. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC secara signifikan meningkatkan ketuntasan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonosari. Hal ini didukung oleh hasil uji Z pada taraf signifikansi 5% dengan nilai Zhitung (2,37) yang lebih besar dari Ztabel (1,64). Rata-rata nilai setelah penerapan model tersebut mencapai 70,88, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Kata Kunci:   Penerapan, Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Membaca.

Downloads

Published

2025-07-18