Pengembangan Media Interaktif Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31539/dwfhmq07Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keeektifan media pembelajaran yang dikembangkan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi numerasi matematis siswa melalui media yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D, dengan sampel kelas X-2 sebanyak 30 orang siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata total validasi media pembelajaran dan materi pembelajaran sebesar 3,61. Media pembelajaran berbasis pembelajaran matematika realistik telah memenuhi kriteria praktis yaitu pada uji coba I sebesar 86,4%. Media pembelajaran berbasis pembelajaran matematika realistik telah memenuhi kriteria efektif, dimana ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai yaitu sebesar 100% pada uji coba II, serta peningkatan kemampuan literasi numerasi matematis siswa menggunakan media pembelajaran berbasis pembelajaran matematika realistik pada materi statistika denhan rata-rata pencapaian kemampuan literasi numerasi matematis siswa pada uji coba I sebesar 69,5 dan pada uji coba II sebesar 88 terjadi peningkatan 18,5 point. Simpulan, media pembelajaran yang dikembangkan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi numerasi matematis siswa melalui media yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci : Canva, Media Literasi Numerasi Matematis, Media Interaktif, Pembelajaran Matematika Realistik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syah Fitri, Israq Maharani, Jihan Hidayah Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.