Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDIQ Ar-Risalah

Authors

  • Lana Fauziah Universitas PGRI Silampari
  • Eka Lokaria Universitas PGRI Silampari
  • Willy Lontoh Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/gyehn684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian menggunakan metode pre-exsperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes yang digunakan berbentuk essay yang berjumlah 10 soal. Data dianalisis menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil analisis uji-T diperoleh Thitung = 2,8709 > Ttabel = 1,7109 sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa kelas V SDIQ AR-Risalah Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) secara signifikan tuntas.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Teams Games Tournament (TGT)

Downloads

Published

2025-07-20