Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDIQ Ar-Risalah
DOI:
https://doi.org/10.31539/gyehn684Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian menggunakan metode pre-exsperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes yang digunakan berbentuk essay yang berjumlah 10 soal. Data dianalisis menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil analisis uji-T diperoleh Thitung = 2,8709 > Ttabel = 1,7109 sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa kelas V SDIQ AR-Risalah Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Teams Games Tournament (TGT)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lana Fauziah, Eka Lokaria, Willy Lontoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.