Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau

Authors

  • Nova Asti Ramadini Universitas PGRI Silampari
  • Akmal Rijal Universitas PGRI Lubuklinggau
  • Eka Lokaria Universitas PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.31539/bn93g966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media flash card digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media flash card digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau yaitu produk dikategorikan valid dengan hasil validasi dari ahli bahasa sebesar 0,84, ahli media 0,82, dan ahli materi sebesar 0,89. Hasil uji kepraktisan guru dan siswa memperoleh hasil cukup tinggi diantaranya yaitu uji one to one dengan persentase 87,5%, uji small group dengan persentase 85,41% dan angket respon guru dengan persentase 90%. Hasil rata-rata uji kepraktisan sebesar 87,6% dengan kriteria sangat praktis. Media ini dinyatakan cukup efektif berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa dengan perhitungan N-Gain. Rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan N-Gain% sebesar 69,94 dengan interpretasi cukup efektif.

 

Kata kunci: ADDIE, Flash Card, IPAS, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-08-24