Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.31539/bn93g966Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media flash card digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media flash card digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau yaitu produk dikategorikan valid dengan hasil validasi dari ahli bahasa sebesar 0,84, ahli media 0,82, dan ahli materi sebesar 0,89. Hasil uji kepraktisan guru dan siswa memperoleh hasil cukup tinggi diantaranya yaitu uji one to one dengan persentase 87,5%, uji small group dengan persentase 85,41% dan angket respon guru dengan persentase 90%. Hasil rata-rata uji kepraktisan sebesar 87,6% dengan kriteria sangat praktis. Media ini dinyatakan cukup efektif berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa dengan perhitungan N-Gain. Rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan N-Gain% sebesar 69,94 dengan interpretasi cukup efektif.
Kata kunci: ADDIE, Flash Card, IPAS, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nova Asti Ramadini, Akmal Rijal, Eka Lokaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.