Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Saling
DOI:
https://doi.org/10.31539/3qvztz48Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 09 Saling, setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode design pre-eksperiment dengan eksperimen semu pre-test and post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 50,93 Setelah diberi perlakuan mengunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD menunjukan hasil post-test adalah 76,53. Jika hipotesis Zhitung > Ztabel 3,14 serta dari Hasil ini juga dapat dibandingkan dengan Ztabel pada taraf signifikan α = 5% yaitu: 3,14 > 1,64. maka Ho diterima Ha ditolak setelah diterapkan model Kooperatif Tipe STAD pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 09 Saling dinyatakan tuntas. Simpulan, model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat menuntaskan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran IPAS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rumiyana ., Eka Lokaria, Cahyo Dwi Andika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.