Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Fase A SD Negeri 1 Lamappoloware Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.31539/3rfy4r28Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flast card terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa fase A SD Negeri 1 Lamappoloware Soppeng. Metode yang digunakan adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang dilaksanakan dengan memberikan treatment (perlakuan) terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol yang digunakan sebagai pembandingnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kemampuan literasi membaca siswa sebelum menggunakan media flash card masih rendah. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran mengakibatkan rendahnya kemampuan literasi membaca siswa. Penggunaan media flash card dalam proses pembelajaran berlangsung sangat efektif. Setelah diberi perlakuan menggunakan media flash card, kemampuan literasi membaca siswa pada kelas eksperimen meningkat dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media flash card dalam proses pembelajaran. Simpulan, terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa fase A SD Negeri 1 Lamappoloware Soppeng.
Kata Kunci : Fase A, Flast Card, Kemampuan Literasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Angraini, Arnidah, Pattaufi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.