Pengaruh Kegiatan Drum Band untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal pada Anak Usia Dini
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of drum band activities to improve musical intelligence in early childhood in Hang Tuah Kindergarten, Bengkulu City. The type of research used is quantitative research with a quasi-experimental approach using the Pretest-Posttest Control Group Design. Based on data analysis and discussion of research results, it can be concluded that drum band activities have proven to have an effect on early childhood musical intelligence in Hang Tuah Kindergarten, Bengkulu City. This can be seen from the results of the pretest and posttest experimental and control groups at the time of the study proved to have increased. In the experimental treatment, there was an increase of 80% from the previous pretest result of 30% with the treatment using the drum band musical instrument playing method to an increase of 90%. When the treatment did not use the method of playing musical instruments, it decreased by 55%.
Keywords: Drum Band Musical Instruments, Musical Intelligence
References
Harahap, B.A. 2012. Selayang Pandang Seni Marching Band. “ Jurnal Bahas (Bahasa Sastra, Seni dan Budaya)â€. Universitas Negeri Medan. NO. 84 TH.
Herawati, 2016, “Permainan Drum Band Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Pada Usia TKâ€, Vol 1 No 1.
Idris & Meity. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng. Jakarta: Luxima.
Haryanggita, K.A. 2017. Pembelajaran Ekstrakulikuler Drum Band di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi.†Jurnal PendidikanSendratasikâ€, vol. 3-Semester Genap 2014/2015.
Kurniawan & yulyawan, E. 2018. Pendidikan karakter dalam kegiatan ekstra kulikuler drum band di sekolah dasar negeri makarsari II kabupaten tangerang.â€jurnal pendidikan dan kajian seniâ€.
Morrison & Beorge S. 2012. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta Barat: PT Indeks
Mulyani, N. 2017. Pengembangan seni anak usia dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2017. strategi pembelajaran paud. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Widhianawati, N. 2011, “Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdadan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini†Edisi Khusus No 2
Pamungkas, I. Analisis Kesulitan Belajar Drum Band TK Pertiwi 31 KelurahanPlalangan Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang.â€Jurnal Seni Musik.â€
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137. Standar Pendidikan AnakUsia Dini, Jakarta, 2014.
Aziz, S. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Apriadi, S & Sinaga, S.S. 2012. Strategi Pembelajaran Pada Drum Junior Kids Secara Klasifikasi di Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) Semarang.â€Jurnal Seni Musik 1(1)â€.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sujiono & Yuliani, N, . 2017. Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta : PT. Indeks.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi & Ulfah, M. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Setyawati, T dkk, (2017), “Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung†di TK Negeri Pembina, Vol 2 No 1.
Yaumi, M, & Ibrshim, I. 2013. Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Kencana Prenadamedia grup.
Zubaedi. 2017. Strategi pendidikan karakter (untuk PAUD dan Sekolah). Depok: PT Raja Grafindo Persada.