Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Dwijaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Dwijaya, agar dapat digunakan menjadi bahan pertimbangan guru saat mendesain pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan jenisnya korelasional. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDN 1 Dwijaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket (kuesioner) motivasi belajar sebagai instrumen utama, sedangkan dokumentasi foto sebagai instrumen pendukung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Dwijaya. Hal tersebut diketahui dari hasil angket motivasi belajar yang dibagikan kepada seluruh responden berjumlah 47 orang. Kemudian dari hasil analisis menggunakan uji T, diperoleh nilai T hitung sebesar 5.429 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpullkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Pengaruh, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
References
Karwati, Euis., & Donni Juni Priansa. 2015. Motivasi Belajar Anak. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2023 Siti Zubaedah, Supriyanto Supriyanto, Dedy Firduansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.