Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Dwijaya

  • Siti Zubaedah Universitas PGRI Silampari
  • Supriyanto Supriyanto Universitas PGRI Silampari
  • Dedy Firduansyah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Dwijaya, agar dapat digunakan menjadi bahan pertimbangan guru saat mendesain pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan jenisnya korelasional. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDN 1 Dwijaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket (kuesioner) motivasi belajar sebagai instrumen utama, sedangkan dokumentasi foto sebagai instrumen pendukung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Dwijaya. Hal tersebut diketahui dari hasil angket motivasi belajar yang dibagikan kepada seluruh responden berjumlah 47 orang. Kemudian dari hasil analisis menggunakan uji T, diperoleh nilai T hitung sebesar 5.429 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpullkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. 

 

Kata Kunci    : Pengaruh, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 

References

Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Karwati, Euis., & Donni Juni Priansa. 2015. Motivasi Belajar Anak. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times