Pengembangan LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Peneliltian ini bertujuan untuk mengembangkan desain produk LKPD berbasis Higher Order Thinking skill (HOTS). Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis HOTS untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswai kelas V SD Negeri Purwara V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. berdasarkan hasil validitas LKPD berbasis HOTS berdasarkan penilaian ahli bahasa, media dan materi menunjukan bahwa LKPD berbasis HOTS memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,78 dengan kriteria “cukup tinggi” Sedangkan dari analisis penelitian lembar angket kepraktisan guru dan siswa terhadap LKPD berbasis HOTS memperoleh nilai sebesar 84,15% dengan kriteria “sangat praktis”. Pada uji lapangan N-Gain diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 0,74 dengan klasifikasi “tinggi” yang artinya LKPD berbasis HOTS memilliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS terbukti valid, praktis dan memiliki nilai efektif dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Purwara V.
Kata Kunci:, Higher Order Thinking skill (HOTS), LKDP, Pengembangan
Copyright (c) 2024 Leo Charli, Mufti Afan, Aneka Rahma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.