PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SEKOLAH MELALUI IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PENINGKATAN KINERJA GURU

  • Asori Laoli Universitas Terbuka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan kinerja guru terhadap produktivitas sekolah. Sampel penelitian berjumlah 110 guru. Jenis data adalah data primer dan skunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan metode analisis regresi ganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan produktivitas sekolah, dimana secara simultan kepemimpinan transformasional kepala sekolah lebih tinggi dibanding dengan kinerja guru dalam meningkatkan produktivitas sekolah. Berdasarkan hasil analisis ini, maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan produktivitas sekolah, sangat penting bagi kepala sekolah untuk menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dalam memimpin sekolah. Kepemimpinan yang inspiratif, visioner mampu memotivasi guru untuk mencapai tujuan bersama secara signifikan meningkatkan produktivitas sekolah. Selain itu, kinerja guru juga merupakan faktor penting yang tidak dapat diabaikan. Simpulan dari penelitian ini adalah Upaya untuk terus meningkatkan kompetensi, motivasi, dan
kualitas pengajaran guru akan berdampak positif pada keseluruhan kinerja sekolah. Simpulan
penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional yang diimplementasikan kepala sekolah
dan kinerja guru menjadi kunci utama untuk mencapai produktivitas sekolah yang optimal.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru, Produktivitas Sekolah

Published
2024-12-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times