Tingkat Pemahaman Mahasiswa PJKR Fkip Unsika yang Mengikuti Mata Kuliah DMP Akuatik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Video Tutorial Renang

  • Hendri Roy Sitanggang Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
  • Rizki Aminudin Universitas PGRI Palembang
  • Rekha Ratri Julianti Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman mahasiswa yang mengikuti mata kuliah DMP akuatik dalam pembelajaran jarak jauh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PJKR FKIP UNSIKA semester 4 sebanyak 2 kelas dengan jumlah responden 60 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei, adapun cara pengambilan data menggunakan angket, angket dalam penelitian ini berbentuk skala likert. Hasil penelitian tersebut diketahui tingkat pemahaman mahasiswa pjkr fkip unsika yang mengikuti mata kuliah DMP akuatik dalam pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan video tutorial renang yang menyatakan pada kategori “sangat baik†dengan persentase 3,3%, pada kategori “baik†dengan persentase 28,3%, pada kategori “cukup baik†dengan persentase 38,3%, pada kategori “kurang baik†dengan persentase 23,3 %, dan pada kategori “sangat kurang baik†dengan persentase 6,7%. Dengan frekuensi “sangat baik†2 orang, pada kategori “baik†17 orang, pada kategori “cukup baik†23 orang, pada kategori “kurang baik†14 orang, pada kategori “sangat kurang baik†4 orang, sehingga tepat perhitungan frekuensi jika dijumlahkan adalah 60 orang. Interval 68,5 – ke atas pada kategori “sangat baikâ€, 58,1 – 68,4 pada kategori “baikâ€, 47,7- 58,0 pada kategori “cukup baikâ€, 37,3 – 47,6 pada kategori “kurang baikâ€, 37,2 – ke bawah pada kategori “sangat kurang baikâ€. Simpulan, tingkat pemahaman mahasiswa PJKR dalam mengikuti mata kuliah DMP akuatik dalam pembelajaran jarak jauh adalah cukup baik.

Kata Kunci: DMP , Pemahaman Mahasiswa , Pembelajaran Jarak Jauh

References

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Gani, R. A., Abdul, S., & Nugroho, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–114. https://www.researchgate.net/profile/Ruslan-Gani/publication/339670287_PENINGKATAN_KEMAMPUAN_RENANG_GAYA_KUPU
KUPU_MELALUI_STRATEGI_PEMBELAJARAN_VARIATIF_BAGI_MAHASISWA/links/5ea6c6ef299bf112561292c4/PENINGKATAN-KEMAMPUAN-RENANG-GAYA-KUPU-KUPU-MELALUI-STRATEGI-PEMBELAJARAN-VARIATIF-BAGI-MAHASISWA.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail

Gunawan, A. P., Achmad, I. Z., & Resita, C. (2020). Tingkat Pemahaman Aktivitas Renang Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(2), 155–169. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1899

Haris, F. (2019). Tingkat Pemahaman Guru Penjas Terhadap Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Limapuluh Kota Bukik Barisan. Jurnal Stamina, 2(12), 12–19. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/333
Maliki, A. J., Idawati, D. E., & Zahriah, Z. (2022). Penerapan Konsep High Tech Architecture pada Perancangan Pusat Akuatik dan Rekreasi di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan, 6(2), 6–10. http://www.jim.unsyiah.ac.id/ArsitekturPWK/article/view/19433

Martini, M., Ismet, I., & Wiyono, K. (2021). Desain Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Pelajaran Fisika SMA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 59–71. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.1186
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.
http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/371

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice : JUunal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429

Pemdiansyah, Y., Gani, R. A., & Nasution, N. S. (2021). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Aktivitas akuatik. JURNAL PENJAKORA, 8(1), 34. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31186

Rahmawati, W. (2019). Mensana In Corpore Sano : Sehat Jiwa Raga dengan Olahraga. Buletin Jagaddhita, 1, 1–3. https://buletin.jagaddhita.org/media/publications/285223-mensana-in-corpore-sano-sehat-jiwa-denga-f278f37c.pdf

Sembiring, H., & Wiyaka, I. (2021). Korelasi Kekuatan Otot Lengan dan Otot Tungkai dengan Kecepatan Atlet Renang. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 75–83. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.302
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

UU RI. (2005). Undang-Undang No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan (pp. 1–64). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40234/uu-no-3-tahun-2005

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–237. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Published
2022-06-28
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 80 times