Pengembangan Model Aktivitas Fisik untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan model model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas; mengkaji kelayakan model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas; mengkaji efektivitas model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Uji efektvitas dilakukan di SMA Negeri 1 Balapulang dengan sampel berjumlah 20 peserta didik yang diambil secara random sampling. Instrumen untuk menguji efektivitas dalam penelitian ini menggunakan tes kesegaran jasmani dari pusat kesegaran jasmani dan rekreasi tahun 2010 untuk anak umur 16-19 tahun. Uji efektifitas menggunakan pre-test dan posttest. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Teknik pengumpulan data pengembangan produk saat validasi ahli menggunakan teknik Delphi. Teknik pengumpulan data uji coba di lapangan (skala kecil dan skala besar) menggunakan angket. Analisis data menggunakan aplikasi software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Model pengembangan menggunakan metode ADDIE, yang meliputi lima langkah yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, uji efektivitas produk; Model aktivitas fisik selama pandemi bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas layak digunakan sebagai panduan aktivitas fisik yang tepat selama pandemi. Penilaian ahli materi rata-rata yaitu sebesar 88,33%, masuk dalam kategori sangat baik. Penilaian ahli media rata-rata sebesar 90,63%, masuk dalam kategori sangat baik; Uji efektivitas menunjukkan bahwa kebugaran jasmani meningkat setelah menggunakan model aktivitas fisik dengan p < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model aktivitas fisik selama pandemi bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas efektif terhadap kebugaran jasmani peserta didik.
Kata kunci: Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani, Model, Siswa Sekolah Menengah Atas
References
Acebes-Sánchez, J., Diez-Vega, I., Esteban-Gonzalo, S., & Rodriguez-Romo, G. (2019). Physical activity and emotional intelligence among undergraduate students: A correlational study. BMC Public Health, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12889-019-7576-5
Alwan, S. A. (2021). The Effect of Exercise on Symptoms of Depression and Positive Self-Behavior. Multicultural Education, 7(2), 262–267. https://doi.org/10.5281/zenodo.4549141
Dewi, R. C., Rimawati, N., & Purbodjati. (2021). Body Mass Index, Physical Activity, and Physical Fitness of Adolescence. Journal of Public Health Research, 10(2), 2021–2230. https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2230
Evert, A. B., Dennison, M., Gardner, C. D., Timothy Garvey, W., Karen Lau, K. H., MacLeod, J., Mitri, J., Pereira, R. F., Rawlings, K., Robinson, S., Saslow, L., Uelmen, S., Urbanski, P. B., & Yancy, W. S. (2019). Nutrition therapy for adults with diabetes or prediabetes: A consensus report. In Diabetes Care (Vol. 42, Issue 5, pp. 731–754). https://doi.org/10.2337/dci19-0014
Fang, H., Quan, M., Zhou, T., Sun, S., Zhang, J., Zhang, H., Cao, Z., Zhao, G., Wang, R., & Chen, P. (2017). Relationship between Physical Activity and Physical Fitness in Preschool Children: A Cross-Sectional Study. BioMed Research International, 2017. https://doi.org/10.1155/2017/9314026
Gu, X., Chang, M., & Solmon, M. A. (2016). Physical activity, physical fitness, and health-related quality of life in school-aged children. Journal of Teaching in Physical Education, 35(2), 117–126. https://doi.org/10.1123/jtpe.2015-0110
Hiremath, C. (2019). Impact of Sports on Mental Health. ~ 14 ~ International Journal of Physiology, 1, 14–18. www.journalofsports.com
Jaradat, M., Jibreel, M., & Skaik, H. (2020). Individuals’ perceptions of technology and its relationship with ambition, unemployment, loneliness and insomnia in the Gulf. Technology in Society, 60. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101199
Lukoff, K., Yu, C., Kientz, J., & Hiniker, A. (2018). What Makes Smartphone Use Meaningful or Meaningless? Proceedings of the ACM on Interactive, Mobile, Wearable and Ubiquitous Technologies, 2(1), 1–26. https://doi.org/10.1145/3191754
Malm, C., Jakobsson, J., & Isaksson, A. (2019). Physical Activity and Sports—Real Health Benefits: A Review with Insight into the Public Health of Sweden. Sports, 7(5), 127. https://doi.org/10.3390/sports7050127
Mascret, N., Rey, O., Danthony, S., & Maïano, C. (2021). Relationship between perceived physical self-concept and grade in physical education: The mediating role of test anxiety. Psychology of Sport and Exercise, 56, 102016. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.102016
Nathalie, L. L., Caffery, L., Bambling, M., & Edirippulige, S. (2018). University Students’ Perspectives on Mindfulness and mHealth: A Qualitative Exploratory Study. American Journal of Health Education, 49(6), 341–353. https://doi.org/10.1080/19325037.2018.1502701
Reigal, R. E., Moral-Campillo, L., Mier, R. J.-R. de, Morillo-Baro, J. P., Morales-Sánchez, V., Pastrana, J. L., & Hernández-Mendo, A. (2020). Physical Fitness Level Is Related to Attention and Concentration in Adolescents. Frontiers in Psychology, 11, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00110