PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS FISIK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Inggit Dwi Lestari Universitas Negeri Semarang
  • Tri Rustiadi Universitas Negeri Semarang
  • Agung Wahyudi Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)  mengembangkan model model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas, 2) mengkaji kelayakan model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas, 3) mengkaji efektivitas model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Uji efektvitas dilakukan di SMA Negeri 1 Balapulang dengan sampel berjumlah 20 peserta didik yang diambil secara random sampling. Instrumen untuk menguji efektivitas dalam penelitian ini menggunakan tes kesegaran jasmani dari pusat kesegaran jasmani dan rekreasi tahun 2010 untuk anak umur 16-19 tahun. Uji efektifitas menggunakan pre-test dan posttest. Pre-test dilaksanakan sebelum siswa diberikan model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Atas dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal. Modul diberikan selama 12 kali, kemudian dilakukan posttest. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Pada saat studi pendahuluan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik pengumpulan data pengembangan produk saat validasi ahli menggunakan teknik Delphi. Teknik pengumpulan data uji coba di lapangan (skala kecil dan skala besar) menggunakan angket. Analisis data menggunakan aplikasi software SPSS versi 22. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pengembangan menggunakan metode ADDIE, yang meliputi lima langkah yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, uji efektivitas produk. 2) Model aktivitas fisik selama pandemi bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas layak digunakan sebagai panduan aktivitas fisik yang tepat selama pandemi. Penilaian ahli materi rata-rata yaitu sebesar 88,33%, masuk dalam kategori sangat baik. Penilaian ahli media rata-rata sebesar 90,63%, masuk dalam kategori sangat baik. 3) Uji efektivitas menunjukkan bahwa kebugaran jasmani meningkat setelah menggunakan model aktivitas fisik dengan p < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model aktivitas fisik selama pandemi bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas efektif terhadap kebugaran jasmani peserta didik.

Kata kunci: Model, Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani, Siswa Sekolah Menengah Atas

Published
2022-06-14
How to Cite
Lestari, I., Rustiadi, T., & Wahyudi, A. (2022). PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS FISIK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 225-235. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i2.3740
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times