Pengembangan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile pada Materi Sepak Bola

  • Agung Uji Prima Universitas Lampung
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung
  • Helmi Fitriawan Universitas Lampung
  • Muhamad Rifai Katili Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat pengembangan pembelajaran berbasis aplikasi mobile pada materi sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Development (R&D) menggunakan Model Hannafin and Peck. Model pengembangan tersebut terdiri dari 4 tahap yaitu tahapan analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, penyebaran kuesioner menggunakan google form, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa persentase hasil capaian KKM siswa sebelum menggunakan aplikasi 15%, sedangkan setelah menggunakan aplikasi mengalami peningkatan capaian KKM sebesar 69,5% atau meningkat dengan capaian 54,5%, sehingga hasil respon siswa menunjukkan bahwa aplikasi mobile learning berbasis android untuk materi sepak bola menarik dan mudah dipahami. Simpulan, adanya peningkatan capaian KKM dengan menggunakan aplikasi mobile learning berbasis android untuk materi sepak bola.

Kata Kunci : Android , Aplikasi, mobile learning 

References

Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1), 29. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132

Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601–611. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.368

Indrajati, B. S. (2018). Penerapan Pendekatan Taktis untuk Meningkatkan Keterampilan Shooting dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 1–4.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/21972/20138

Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Ilmu Kepolisian, 12(2), 68–75. http://www.jurnalptik.id/index.php/JIK/article/view/23

PP RI No. 19. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan, 1, 1–95. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005

Pradina, A. A., & Wahyudi, A. N. (2021). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Melalui Pendekatan Audio Visual. Journal Active of Sports, 1(2), 46–54.
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JAS/article/view/369/186

Purwowidodo, A. (2018). Pengembangan Disain Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire sebagai Mindtools pada Proses Pembelajaran Teknologi Pembelajaran. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 105–120. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.105-120

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Rosadi, C. R. R., Mukhlisuddin, M., & Irfandi, I. (2021). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Kemampuan Shooting Pemain Sepakbola Cobra 89 FC Aceh Besar 2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1), 1–18. file:///C:/Users/HP/Downloads/338-File Utama Naskah-461-1-10-20210811.pdf

Suryanda, A., Ernawati, E., & Maulana, A. (2018). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa SMA Kelas X. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9

Yuniarto, A., Supriyadi, S., & Sudjana, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Teknik Dasar dan Peraturan Permainan Futsal. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i1.188

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–237. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Published
2022-06-27
Abstract viewed = 69 times
pdf downloaded = 116 times