Penerapan Metode Bermain Meraih Bola Besar terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa SD Negeri 1 Air Lesing Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar lompat jauh siswa kelas V SDNegeri 1 Air Lesing setelah menerapkan metode bermain meraih bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan One Group Pre-test-Post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes lompat jauh. Populasi dan Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas V yang terdiri dari 12 orang laki – laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian ini berdasarkan tabel output “Paired samples test†diatas, diketahui nilai mean “paired differences†adalah sebesar -16,875. Nilai ini menunjukan selisih antara rata-rata hasil lompat jauh post-test yaitu 72,50-55,63 = 16,87 dan selisih perbedaan tersebut antara -22,167 sampai -11,583 nilai thitung untuk hasil belajar lompat jauh adalah 6,674 dengan probabilitas (sig.) 0,000 dan z tabel nya sebesar 0,474. Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima artinya terdapat penerapan metode bermain meraih bola terhadap hasil belajar lompat jauh SD N 1 Air Lesing. Simpulan, bahwa lompat jauh dengan metode bermain meraih bola besar siswa SD Negeri 1 Air Lesing Kabupaten Musi Rawas terdapat peningkatan hasil belajar.
Kata Kunci: Bermain Meraih Bola, Hasil Belajar, Lompat Jauh
References
Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A survey. Children and Youth Services Review, 121, 105866.
https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105866
Hufron, A. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penggunaan Alat Bantu Pada Siswa Kelas VA SDN 1 Selang. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 136–141. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.576
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73/55
Mubaligin, H., Candra, A. T., & R, L. I. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Metode Bermain Lompat dan Loncat Lingkaran Berjenjang Kelas VII MTS Negeri 11 Banyuwangi. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(1), 162–171. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i1.205
Mudian, D. (2018). Pengaruh Latihan Loncat Katak dan Loncat Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Biormatika, 4(2), 251–258. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/351
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Nur, A. (2019). Pengaruh Latihan Lompat Rintangan terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 1–8. http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpo/article/view/200
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran kids atletik. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 72. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189
Utami, M. S., & Purnomo, E. (2019). Minat siswa sekolah menengah pertama terhadap pembelajaran atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 12–21. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/index
Yulianti, M., Zega, F. B. S. J., & Sari, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Lompat Jauh Melalui Metode Bermain Padasiswa Kelas X 2 SMA LKMD Sukaramai Kabupaten Kampar. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(2), 86–95. https://doi.org/10.21009/GJIK.092.02