ANALISIS TENDANGAN SABIT PADA SISWA REMAJA PENCAK SILAT PSHT RANTING KARANGDOWO KLATEN TAHUN 2023

  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Jasmani Jasmani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Risa Agus Teguh Wibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Pipit Fitria Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Witri Suwanto Universitas Tanjungpura
  • Dody Tri Iwandana Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan ciri-ciri tidak adanya hipotesis dan data yang diperoleh akan dipaparkan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan angket dan tes tendangan sabit selama 10 detik yang bertujuan untuk mengetahui Analisis Tendangan Sabit Pada Siswa Remaja Pencak Silat PSHT Ranting Karangdowo Klaten Tahun 2023.

Pada penelitian didapatkan hasil bahwa yang memiliki kecepatan tendangan baik sekali dan baik tidak ada dengan jumlah tedangan di atas 20 kali, yang memiliki kategori cukup sebanyak 9 orang atau 0,3 %, kemudian yang meliliki kategori kurang 6 orang dengan nilai antara 15-16 kali atau 0,2 %, dan untuk kategori kurang baik  sebanyak 15 orang atau 0,5 % dri jumlah sempel, sikap pasang atau sikap awal yang mempunyai total nilai diatas atau sama dengan 37 berjumlah 7 orang atau 0,13 % dari jumlah sempel, yang mendapatkan total nilai antara 33-36 sebanyak 21 orang atau 0,7 % dari jumlah sempel, sedangkan di rentang nilai 28-32 terdapat 5 orang atau 0,6 % dari jumlah sempel, dan dites sasaran menujukan yang paling bayak dari jumlah sempel mendapatakn total nilai antaran 33-36 yaitu 22 orang atau 0,73 % dari jumlah sempel, yang mendapatkan nilai di atas sama dengan 37 hanya 1 orang atau 0,03 % dari jumlah sempel, dan sisanya yaitu 7 orang mendapat tolat nilai antaran 28-32dan presentase sebesar 0,23 % dari jumlah sempel yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: kecepatan tendangan sabit hasil persentase rata-rata atlet putra untuk tendangan sabit putra dengan kategori cukup 0,3 %, kurang 0,2 %, dan kurrang baik sebanyak 0,5%. Pada sikap pasang atau sikap awal diperolah hasil dengan kategori baik sekali 0,1 %, baik 0,7 %dan cukup 0.16 %. Dan untuk tes sasaran di perolah presentasi hasil dengan katerogi baik sekali 0,03 %, baik 0,7 % dan cukup 0,23 %.

Kata Kunci : Pencak Silat, Kecepatan Tendangan Sabit, Sikap Pasang Dan Sasaran

References

Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Candra.J. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor Dengan Pola Pendekatan Bermain Sd Al Hanief Kota Bekasi. Jendela Olahraga, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.26877/jo.v3i1.2033

Chan, C. H. S., Ha, A. S. C., Ng, J. Y. Y., & Lubans, D. R. (2019). Associations between fundamental movement skill competence, physical activity and psycho-social determinants in Hong Kong Chinese children. Journal of Sports Sciences, 37(2), 229–236. https://doi.org/10.1080/02640414.2018.1490055

Craig, A. B., Brown, E. R., Upright, J., & DeRosier, M. E. (2016). Enhancing Children’s Social Emotional Functioning Through Virtual Game-Based Delivery of Social Skills Training. Journal of Child and Family Studies, 25(3), 959–968. https://doi.org/10.1007/s10826-015-0274-8

Fajarwati, A., & Arini, I. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Lokomotor dalam Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 4(1), 317–324. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.162

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754

González, K., Fuentes, J., & Márquez, J. L. (2017). Physical inactivity, sedentary behavior and chronic diseases. Korean Journal of Family Medicine, 38(3), 111–115. https://doi.org/10.4082/kjfm.2017.38.3.111

Hamzah, H., Mu’arifin, M., Heynoek, F., Kurniawan, R., & Kurniawan, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8), 384–394. https://doi.org/10.17977/um062v2i82020p384-394

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hasrion, Sari, M., & Gazali, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan kemampuan teknik dasar shooting sepakbola melalui metode bagian. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5119

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 9(2), 21–29.

Ikhsan, E., & Armen, M. (2022). Pengembangan Model Permainan Halang Rintang Untuk Kelas V Sd 035/XI Larik Kemahan Kota Sungai Penuh. 1(1), 1–6.

Johor, Z. (2019). Pengaruh Metode Dan Kemampuan Motorik Terhadap Keterampilan Jurus Tunggal Pencak Silat. Jurnal MensSana, 4(1), 76. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.37

Juniarta, T., & Siswantoyo, S. (2014). Pengembangan Model Permainan Rintangan (Handicap Games) Untuk Latihan Kebugaran Jasmani Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 88–105. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2606

Kresnapati, P. (2018). Perbedaan Latihan Weighted Squat Dan Straddle Jump Terhadap Lompat Jauh Gaya Jongkok Mahasiswa PJKR UPGRIS Angkatan 2017. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan …, 4(3), 1–9.

Muhajir, & Raushanfikri, Z. (2022). Buku Panduan Guru PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN.

Munar, H., & Yuliawan, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Melalui Pendekatan Bermain Lompat Lingkar Berwarna. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.7712

Niswah, M., & Febrita Ardhianingsih. (2016). Permainan Halang Rintang Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Autis. Pendidikan Khusus, 9, 1–10
.
Prahardika, & S, G. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Pendekatan Permainan Halring Pada Siswa Sekolah Dasar. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(12), 1460–1465.

Rizky, O. B., & Chairuna, C. (2017). Studi Deskriptif Kemampuan Motorik Kasar Siswa Kelas a Paud It Baitul Izzah Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 16–18. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4258

Romansa, D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Permainan Halang Rintang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Pekajangan. 3(6), 1102–1106.

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Pratiwi, E. Y. R., & Rihlah, J. (2022). Peningkatan Minat dan Kebugaran Siswa Sekolah Dasar melalui Olah Raga Tradisional. Indonesia Berdaya, 3(3), 449–454. https://doi.org/10.47679/ib.2022239

Safitri, D. S., Mahendra, A., Budiman, D., Supriatna, A., & Amelia, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Penerapan Model Pendidikan Gerak Format Halang Rintang. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 33. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11936

Sari, D. M., Saloko, E., & Prasetyaningsih, R. H. (2022). Pengaruh permainan halang rintang terhadap perkembangan motorik kasar dan engagement anak neurodevelopmental disorder pada layanan terapi Okupasi ( ADLs ), Instrumental Activities of Daily Living ( IADLs ), health management , rest. 1, 179–187. https://doi.org/://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.32

Sari, E. F. N., Sujarwo, & Sukiri. (2019). Basic Locomotor Movement of First Grade Students of Elementary School. 362(Acpes), 187–191. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.42

Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12169

Sujatmiko, M. A., Santoso, S., & Febrianti, R. (2021). Perbedaan Latihan Lompat Gawang Bertahap Dan Lompat Gawang Tetap Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Usia 11 – 12 Tahun Di Mi
Muhammadiyah Tinggarjaya Banyumas Jawa Tengah 2021. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(2), 12–23. https://doi.org/10.36728/jip.v7i2.1630

Suspiantari, C. (2018). Bermain Halang Rintang Terhadap Aktivitas Motorik Belajar Dalam Kelas Pada Anak Autis Di K. Jurnal Pendidikan Khusus.

Syafrudin, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Kanguru Pada Siswa Kelas V SD Negeri 30 Cakranegara. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Taftazani, M. A., & Kurniawan, H. (2024). Efektivitas Permainan Halang Rintang Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Gangguan Spektrum Autisme. 3(1), 49–55. https://doi.org/10.55080/mjn.v3i1.719

Tandon, P., Hassairi, N., Soderberg, J., & Joseph, G. (2020). The relationship of gross motor and physical activity environments in child care settings with early learning outcomes. Early Child Development and Care, 190(4), 570–579. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1485670

Wick, K., Leeger-Aschmann, C. S., Monn, N. D., Radtke, T., Ott, L. V., Rebholz, C. E., Cruz, S., Gerber, N., Schmutz, E. A., Puder, J. J., Munsch, S., Kakebeeke, T. H., Jenni, O. G., Granacher, U., & Kriemler, S. (2017). Interventions to Promote Fundamental Movement Skills in Childcare and Kindergarten: A Systematic Review and Meta-Analysis. Sports Medicine, 47(10), 2045–2068. https://doi.org/10.1007/s40279-017-0723-1

Widodo. (2011). Tes dan Pengukuran Kemampuan Dasar Motorik Untuk Siswa SD Kelas 4-6 (Usia 10-12 tahun).

Zulfikar, M., Hasyim, A. H., Ikadarny, I., & Anwar, N. I. A. (2021). Penguasaan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sport Science, 11(1), 27. https://doi.org/10.17977/um057v11i1p27-34
Published
2024-06-22
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 20 times