Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematika dan Fasilitas Belajar di Rumah

  • Ibrahim Ibrahim UIN Sunan Kalijaga
  • Rokyul Amin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kecemasan Matematika, Fasilitas Belajar di Rumah, Hasil Belajar Matematika

Abstract

This study aims to determine the effect of mathematics anxiety, learning facilities at home, and the effect of mathematics anxiety and learning facilities at home simultaneously on students' mathematics learning outcomes. The approach in this research uses a quantitative approach, the type of correlational research. This research was conducted at SMP Negeri 1 Bayat in grades VIII A and VIII B in the 2020/2021 school year. The sample used was 30 students, the sampling technique was simple random sampling. The instrument used to use data from the mathematics anxiety scale test and the home learning facility scale test. The data analysis technique in this study used multiple regression analysis. Data analysis was carried out with the help of the SPSS 25 application. The results of this study indicate that: 1) there is a negative effect of mathematics anxiety on students' mathematics learning outcomes; 2) there is a positive effect of home learning facilities on students' mathematics learning outcomes; 3) there is an effect of mathematics anxiety and learning facilities at home together on students' mathematics learning outcomes.

 Keywords: Mathematics Anxiety, Learning Facilities at Home, Mathematics Learning Outcomes

References

Adriani, R. (2020). Evaluasi pembelajaran online matematika siswa kelas 5 SD Negeri 5 Metro. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Metro Lampung.

Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1-10. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277

Agustina, W., & Noor, F. (2016). Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191–200. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.49

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Anditya, R. (2016). Faktor-faktor penyebab kecemasan matematika. Skripsi, tidak diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-136. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Fitriana, O. (2018). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar ditinjau dari fasilitas belajar siswa. Skripsi, tidak diterbitkan, Progam Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Hermawati, Y. (2018). Kontribusi fasilitas studi rumah, pembelajaran motivasi dan pendidikan orang tua pada hasil belajar siswa matematika sekolah menengah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 187–194. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3399

Ibrahim. (2012). Pembelajaran matematika berbasis-masalah yang menghadirkan kecerdasan emosional. Infinty Journal, 1(1), 45-61. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p45-61

Ibrahim. (2019). Pendekatan ramah, terbuka dan komunikatif komunikatif pada pembelajaran matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh kompentesi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1).

Jannah, M. Z. (2017). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas v pada mata pelajaran matematika di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. Tesis magister, Progam Pascasarjana Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Kodirun, Masi, L., & Aprilia. (2017). Pengaruh kecemasan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Gu. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v8i1.5928

Mardianti, S. (2019). Korelasi antara kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Tarbitah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudddin, Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/2227/
Muyiwa, A., & Quadri, A. (2012). Influence of universal basic education (UBE) facilities on school learning environment in lagos state. Journal of Educational and Practice, 3(2), 30–39.

Olyvia, M., Gimin, & Hendripides. (2017). Pengaruh fasilitas belajar, minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Naskah Publikasi Skripsi, tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Riau.

Priyani, Y. (2013). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Skripsi, tidak diterbitkan, Progam Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Purwanto. (2019). Tujuan pendidikan dan hasil belajar: domain dan taksonomi. Jurnal Teknodik, 9(16), 146-169. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Qadar, R. (2015). Mengakses aspek afektif dan kognitif pada pembelajaran optika dengan pendekatan demonstrasi interaktif. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–11.
Qausarina, H. (2016). Pengaruh kecemasan matematika (math anxiaety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Darussalam, Aceh.

Retnowati, S. (2016). Hubungan fasilitas, kemandirian, dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas viii smp di kecamatan puring tahun pelajaran. Skripsi, tidak diterbitkan, Progam Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rosdiati. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad siswa sekolah dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.24014/suara guru.v3i2.3608

Santri, F. S. (2017). Ada Apa dengan kecemasan matematika. Journal of Medives, 1(1), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Singh, D. A. A. G., & Leavline, E. J. (2013). Competency-based calisthenics of learning outcomes for engineering education. International Journal of Education and Learning, 2(1).
Siregar, S. (2013). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sitanggang, K. (2018). Domain afektif dalam pembelajaran matematika. Tesis, tidak diterbitkan, Progam Studi Magister Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara, Medan. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11087

Slameto. (2010). Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiatno, Priyatno, D., & Riyanti, S. (2020). Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa menengah pertama. Media Neliti, 4, https://media.neliti.com/media/publications/217220.

Sutama. (2015). Metode penelitian pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.

Sutama, Janah, N. N., & Novitasari, M. (2018). Faktor stratejik hasil belajar matematika siswa di sekolah menegah pertama. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 176–184. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5633

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosdakarya.

Utami, M. K. (2012). Pengaruh Pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sd Negeri di Gugus Wiyata Utama Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2011/2012. Skripsi, tidak diterbitkan, Progam Studi Pendidikan Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.19641/j.cnki.42-1290/f.2012.03.022

Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara kecemasan dalam belajar dengan motivasi belajar siswa. Konselor, 2(1), 283–288. https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00

Zivana, V. S. (2017). Pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Published
2021-06-27
Abstract viewed = 66 times
pdf downloaded = 76 times