Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Papa Mama Pastries

  • Fabrius Fabrius Universitas Bunda Mulia
  • Ika Suryono Djunaid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi menu dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di papa mama pastries. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah infinite populations. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dengan purposive sampling menggunakan rumus hair. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji yang dilakukan ialah uji reabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linear ganda, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji, bisa dikatakan bahwa variabel variasi menu dan store atmosphere berpengaruh pada keputusan pembelian karena masing- masing nilai signifikansi 0.002 dan <0.001 berada dibawah 0.05. Hasil coefficient determination r square menunjukkan 77.1%. Kesimpulannya adalah variasi menu dan store atmosphere 77.1% mempengaruhi keputusan pembelian yang berarti pada Papa Mama Pastries, konsumen membeli produk yang ada dengan pengaruh dari variasi menu dan store atmosphere yang ada. Sisa 22.9% lainnya dipengaruhi variabel diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Papa Mama Pastries, Store Atmosphere, Variasi Menu.

 

References

Alamsyah, A. N. (2024). Strategi Rebranding Pada Coffee Shop Stetoskopi Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). http://repository.unissula.ac.id/35180/1/Ilmu%20Komunikasi_32802000016_fullpdf.pdf

Alkatiri, R., Imbran, H., & Agase, D. K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Air Bersih PDAM di Desa Ilohungayo Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. JPPE: Jurnal Perencanaan & Pengembangan Ekonomi, 2(1), 51–62. https://dx.doi.org/10.31314/jppe.v2i1.849

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Journal PILAR: Perspective of Contemporary ISlamic Studies. 14(1), 15–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624/5947

Aprileny, I., Arifiani, P. N., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Variasi Menu, Store Atmosphere Dan Citra Restoran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen: Restoran Bijin Nabe By Tsukada Nojo Plaza Senayan, Jakarta). IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 108-116. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2446

Ardiansyah, I., & Chandra, E. (2023). Pengaruh Store Layout Terhadap Revisit Intention Kopi Langkah Pertama Tanjung Duren. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(5). https://doi.org/https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.955

Azizah, S. N. (2022). Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 67–77. https://doi.org/10.33365/smart.v1i2.1742

Candra Dwi Novianti, Andik Matulessy, & Suhadianto. (2023). Kecanduan Internet pada Mahasiswa: Bagaimana Peranan Pengungkapan Diri Dan Kontrol Diri ? . INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 743–754. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/804

Christalia, K. ., & Djunaid, I. S. . (2024). Pengaruh Harga dan Store Atmhospher terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Coffeeshop Koplo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2001-2007. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4021

Djunaid, I. S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Matahari Kabupaten Bogor. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 5(2). https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata/article/view/1839/1537

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish. Yogyakarta

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. http://dx.doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi

Idawati, I. (2019). Pengaruh Acara Festival Seni Terhadap Citra Sekolah di SMA Negeri 06 Pekanbaru. Jurnal Riset Komunikasi, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.24329/jurkom.v2i1.44

Kartika, T., Ruskana, R., & Fauzi, M. I. (2018). Strategi Pengembangan Daya Tarik Dago Tea House Sebagai Alternatif Wisata Budaya di Jawa Barat. The Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(2), 121–138. https://doi.org/10.17509/thej.v8i2.13746

Khalifatus S, A. (2019). Pengaruh Atmosfer Toko, Penataan Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impuls (Studi Kasus Pada Gramedia Metropolitan Mall Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta. http://repository.stei.ac.id/6610/1/COVER.pdf

Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). Faktor-faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. Penerbit Nem. Pekalongan

Kurnia, A. R. D. (2020). Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP Tinjauan Filosofis, Teoretis Dan Contoh Implementasinya. Deepublish. Yogyakarta

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Nasution, S. L. (2020). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Asam Jawa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 88–94. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/1788/1707

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom/article/view/1742

Nurfadhillah, S., Andriyanto, A., Shadiqa, C. D., Refaldi, R. R., & Hasri, T. N. (2021). Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1. BINTANG, 3(1), 177-197. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1290

Permana, A. E., Yusnita , R. T. ., & Lestari , S. P. . (2022). The Effect Of Caf Menu Variations And Atmosphere On Competitive Advantage (Case Study on Volkswagen Café in Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management, 2(3), 719 –726. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.929

Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4870/pdf

Sembiring, P. A. A. B., & Puspadewi, R. N. M. S. (2023). Analisis Pengaruh Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian di Verandah Restaurant Eastparc Hotel Yogyakarta. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 678–685. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.921

Siregar, A. P. H. (2020). Analisis Strategi Bersaing Toko Roti X Berdasarkan IE-Matriks. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 1–21. https://doi.org/10.26593/jab.v16i1.3756.1-21

Sofyan, A. (2021). Pengaruh Promosi di Grab Food, Label Halal, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Rocket Chicket pada masa Pandemi Covid-19 di Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS). http://repository.iainkudus.ac.id/5563/1/1.%20COVER.pdf

Sugiyanti, L., Dewi, R. S., & Wijaya, I. S. (2023). Strategi Pengembangan Produk Inovatif Bagi UMKM Bima Cafe. Masarin, 1(3), 111–123. https://doi.org/10.56881/masarin.v1i3.198

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh kemanfaatan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet ovo di Depok. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1), 54–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/7567/pdf

Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4649/4647

Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1416/1212
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 3 times