Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Papa Mama Pastries
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi menu dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di papa mama pastries. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah infinite populations. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dengan purposive sampling menggunakan rumus hair. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji yang dilakukan ialah uji reabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linear ganda, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji, bisa dikatakan bahwa variabel variasi menu dan store atmosphere berpengaruh pada keputusan pembelian karena masing- masing nilai signifikansi 0.002 dan <0.001 berada dibawah 0.05. Hasil coefficient determination r square menunjukkan 77.1%. Kesimpulannya adalah variasi menu dan store atmosphere 77.1% mempengaruhi keputusan pembelian yang berarti pada Papa Mama Pastries, konsumen membeli produk yang ada dengan pengaruh dari variasi menu dan store atmosphere yang ada. Sisa 22.9% lainnya dipengaruhi variabel diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Papa Mama Pastries, Store Atmosphere, Variasi Menu.
References
Alkatiri, R., Imbran, H., & Agase, D. K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Air Bersih PDAM di Desa Ilohungayo Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. JPPE: Jurnal Perencanaan & Pengembangan Ekonomi, 2(1), 51–62. https://dx.doi.org/10.31314/jppe.v2i1.849
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Journal PILAR: Perspective of Contemporary ISlamic Studies. 14(1), 15–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624/5947
Aprileny, I., Arifiani, P. N., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Variasi Menu, Store Atmosphere Dan Citra Restoran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen: Restoran Bijin Nabe By Tsukada Nojo Plaza Senayan, Jakarta). IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 108-116. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2446
Ardiansyah, I., & Chandra, E. (2023). Pengaruh Store Layout Terhadap Revisit Intention Kopi Langkah Pertama Tanjung Duren. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(5). https://doi.org/https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.955
Azizah, S. N. (2022). Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 67–77. https://doi.org/10.33365/smart.v1i2.1742
Candra Dwi Novianti, Andik Matulessy, & Suhadianto. (2023). Kecanduan Internet pada Mahasiswa: Bagaimana Peranan Pengungkapan Diri Dan Kontrol Diri ? . INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 743–754. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/804
Christalia, K. ., & Djunaid, I. S. . (2024). Pengaruh Harga dan Store Atmhospher terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Coffeeshop Koplo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2001-2007. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4021
Djunaid, I. S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Matahari Kabupaten Bogor. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 5(2). https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata/article/view/1839/1537
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish. Yogyakarta
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. http://dx.doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi
Idawati, I. (2019). Pengaruh Acara Festival Seni Terhadap Citra Sekolah di SMA Negeri 06 Pekanbaru. Jurnal Riset Komunikasi, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.24329/jurkom.v2i1.44
Kartika, T., Ruskana, R., & Fauzi, M. I. (2018). Strategi Pengembangan Daya Tarik Dago Tea House Sebagai Alternatif Wisata Budaya di Jawa Barat. The Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(2), 121–138. https://doi.org/10.17509/thej.v8i2.13746
Khalifatus S, A. (2019). Pengaruh Atmosfer Toko, Penataan Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impuls (Studi Kasus Pada Gramedia Metropolitan Mall Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta. http://repository.stei.ac.id/6610/1/COVER.pdf
Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). Faktor-faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. Penerbit Nem. Pekalongan
Kurnia, A. R. D. (2020). Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP Tinjauan Filosofis, Teoretis Dan Contoh Implementasinya. Deepublish. Yogyakarta
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Nasution, S. L. (2020). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Asam Jawa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 88–94. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/1788/1707
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom/article/view/1742
Nurfadhillah, S., Andriyanto, A., Shadiqa, C. D., Refaldi, R. R., & Hasri, T. N. (2021). Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1. BINTANG, 3(1), 177-197. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1290
Permana, A. E., Yusnita , R. T. ., & Lestari , S. P. . (2022). The Effect Of Caf Menu Variations And Atmosphere On Competitive Advantage (Case Study on Volkswagen Café in Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management, 2(3), 719 –726. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.929
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4870/pdf
Sembiring, P. A. A. B., & Puspadewi, R. N. M. S. (2023). Analisis Pengaruh Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian di Verandah Restaurant Eastparc Hotel Yogyakarta. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 678–685. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.921
Siregar, A. P. H. (2020). Analisis Strategi Bersaing Toko Roti X Berdasarkan IE-Matriks. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 1–21. https://doi.org/10.26593/jab.v16i1.3756.1-21
Sofyan, A. (2021). Pengaruh Promosi di Grab Food, Label Halal, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Rocket Chicket pada masa Pandemi Covid-19 di Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS). http://repository.iainkudus.ac.id/5563/1/1.%20COVER.pdf
Sugiyanti, L., Dewi, R. S., & Wijaya, I. S. (2023). Strategi Pengembangan Produk Inovatif Bagi UMKM Bima Cafe. Masarin, 1(3), 111–123. https://doi.org/10.56881/masarin.v1i3.198
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh kemanfaatan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet ovo di Depok. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1), 54–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/7567/pdf
Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4649/4647
Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1416/1212
Copyright (c) 2024 Fabrius Fabrius, Ika Suryono Djunaid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.