Pengaruh Stratifikasi Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Akademik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.6783Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stratifikasi orang tua terhadap prestasi akademik siswa di MTs Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa di MTs yang berjumlah 346 siswa. Sampel berjumlah 70 orang dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan hasil persamaan Y = 82,115 + 0,002X, ini artinya pada saat X = (Presentasi bernilai 0 maka Y sudah memiliki nilai sebesar 0,002). Selanjutnya diketahui keeratan hubungan variabel X (stratifikasi orang tua) terhadap variabel Y (prestasi akademik siswa) adalah 0,551 ini artinya ada hubungan positif yang sedang sebesar (0,551), antara variable X (stratifikasi orang tua) terhadap Y (prestasi akademik siswa), sedangkan kontribusi variable X stratifikasi sosial orang tau terhadap Y adalah sebesar 30,4% sedangkan 69,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh antara stratifikasi sosial orang tua dengan prestasi akademik siswa.
Kata Kunci: Prestasi Akademik, Stratifikasi Sosial Orang tua
References
Azar, A. S. (2005). The Effect of Social Stratification on M.A.U. Students' Achievement. Conference: presented at the RPPC International conference At Singapor. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/280574278_The_Effect_of_Social_Stratification_on_MAU_Students'_Achievement
Matondang, F. S. (2021). Pengaruh Stratifikasi Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatriya Medan Pengaruh Stratifikasi Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatriya Medan. http://repository.uinsu.ac.id/12044/1/skripsi%20Fatiha%20Sabila%20Putri%20Matondang%200303161056.pdf
Nasution, S. (2011). Sosiologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Nusantara, J. R. G. (2013). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan PErilaku Belajar terhdap Prestasi Akademik pada MAta Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 7 Semarang. http://lib.unnes.ac.id/17537/1/7101409221.pdf
Sarifa, S. M. (2022). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap PRestasi Belajar PAI Siswa di SD Negeri Muktiharjo Kidul 04 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. http://repository.unissula.ac.id/27520/2/31501800116_fullpdf.pdf
Salsabila, A, & Puspitasari, P. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa. 2(2), 278-88. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/800.
Sihombing, S. (2021). Hubungan Status Sosial Orangtua dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Penerbit Widina. 1(1). 1-15. https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/download/14/12
Soekarno, S (1990). Penghantar Sosiologi. PT Raja Grafindo Perseda. Jakarta
Sudijino, A. (2018). Penghantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Depok
Sugiono, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. R&D. Alfabeta. Bandung
Suharsimi, A. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta
Sunarto, K. (2004). Penghantar Sosiologi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta
Suryabrata, S. (2006). Pisikologi Pendidikan. Raja Grafindo Perseda. Jakarta
Taluke. J. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Tingkat Keberhasilan Mahasiswa di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Ejournal Unsrat. 14(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/33777/31941
Tjala, A. (2008). Statistka Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta