Analisis Persepsi Pedagang dan Masyarakat Kota Bengkulu Terkait Berita Kuliner Daerah
DOI:
https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i1.8423Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi pedagang dan masyarakat di Kota Bengkulu terkait berita kuliner daerah yang disajikan oleh media BengkuluToday.com. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita kuliner daerah di media BengkuluToday.com, memainkan peran penting dalam membentuk citra kuliner daerah, memotivasi pedagang untuk meningkatkan kualitas produk, dan menciptakan minat beli yang lebih tinggi di kalangan masyarakat. Selain itu, berita kuliner juga menjadi sarana komunikasi yang efektif untuk menghubungkan pedagang dengan konsumen, menciptakan interaksi dinamis dalam ekosistem kuliner lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut mengenai peran media online dalam membentuk persepsi dan perilaku jual beli terkait kuliner daerah. Implikasi praktisnya mencakup potensi pemanfaatan media sebagai alat pemasaran yang efektif bagi pedagang kuliner lokal serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kekayaan kuliner daerah. Simpulan penelitian ini bahwa media online, khususnya BengkuluToday.com, dapat menjadi kekuatan positif dalam mengangkat dan memajukan kuliner daerah.
Kata Kunci: Berita, Kuliner, Media, Persepsi.
References
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Handiyani, K., & Saputro, D. R. (2023). Analisis Framing Pemberitaan Vaksinasi Covid-19 di Media Online Mojok.co dan Tirto.id. QAULAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam , 4(1), 31-44. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/qau/article/view/1164
Indrajaya, S. (2019) Pengaruh Brand Halal, Kualitas Pelayanan, Kesan, Terhadap Loyalitas Wisatawan Melalui Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Wisata Kuliner Halal Di Kota Tangerang Selatan). Doctor thesis, Universitas Brawijaya. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/189697/
Kusnanto, R., & Handoko, K. (2021). Penentuan Jarak Terdekat Wisata Kuliner Menggunakan Algoritma di JKSTRA. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 4(5), 111–118. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/3100
Miles, M. B., et al. (2014). Qualitative Data Analysis. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press. Depok
Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. P.T. Remaja Rosdakarya. Bandung
Musman, A., & Mulyadi, N. (2017). Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis. KOMUNIKA. Yogyakarta
Nabillah, P. T., et al, (2022). Strategi Branding Sentra Wisata Kuliner Jambangan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 1446–1453. Https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3260712
Rakhmat, J. (2007). Persepsi dalam Proses Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta
Sangsoko, I., Sertaiwan, A., Purnama, S.(2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Thesis. ITN Malang. http://eprints.itn.ac.id/4478/10/JURNAL.pdf
Sari, I., Sembiring, V., & Wicaksono, H. (2019). Pengembangan Wisata Kuliner Berbasis Bahan Pangan Lokal Sebagai Daya Saing di Desa Wisata Sakerta Timur Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 208-218. https://doi.org/10.30647/jip.v24i3.1317
Siahaan, D. Z. R., et al. (2021). Analisis Keberadaan Wisata Kuliner dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan. In Studia Economica : Jurnal Ekonomi Islam. 7(2). Repository.uinsu.ac.id. Https://doi.org/10.30821/se.v7i2.10605
Suherdiana, D. (2020). Jurnalistik Kontemporer. CV. Mimbar Pustaka. Bandung
Suwandojo, D. P. E. H. (2020). Nasi Boranan Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Lamongan Jawa Timur. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(02), 123–138. Https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i02.25
Witantra, A. P. W., & Sagita, D. S. (2021). Jurnalisme Bencana Wabah Covid-19 Pada Media Nasional Dan Lokal Banten. Dinamika Komunikasi Dan Politik. Getok Tular. Serang Banten