Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script pada keterampilan menulis teks prosedur siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain the randomized posttest only control group. Instrumen penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dengan aspek penilaian struktur kebahasaan laporan hasil observasi dan aspek kebahasaan laporan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menulis teks prosedur antara model pembelajaran Cooperative Script dan metode konvensional dengan Thitung yang lebih besar dari Ttabel (2,562> 1,684). Simpulan, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional.
Kata Kunci: Menulis Teks Prosedur, Model Pembelajaran Cooperative Script
References
Asriyani, N. K. S., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Literasi Siswa Kelas III SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10988
Budijah, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Model Project Based Learning. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 11(1), 1–8. http://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/1264
Dewi, V. T., Sari, A. W., & Nisja, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Scripts terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2235–2239. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.469
Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521
Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 815–820. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.1333
Lubis, P. H., Arianti, R., & Nofrita, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Model Team Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Bonai Darussalam. Jurnal AKRAB JUARA, 5(3), 114–125. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1122/983
Musyawir, M., & Letsoin, M. (2020). Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Kabupaten Buru. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 42–48. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/2418/1602
Riyanti, R., & Sari, R. M. (2020). Problematika Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI Mas Cipta Simpang Dolok. Jurnal Komunitas Bahasa, 8(2), 48–54. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jkb/article/view/1726/1414
Sagala, E., Haidir, H., & Silaen, U. (2019). Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 35–42. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.45
Sakinah, Arianti, R., & Putri, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks melalui Model Take and Give pada Siswa Kelas X TKJ SMK Pemdes Ujungbatu. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 190–202. https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1363/1191
Sari, Y. P., Rusdi, R., & Muchlis, E. E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 8–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.8-13
Simatupang, Y. J. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191–206. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139
Suyati, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal pada Mata Pelajaran B. Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 9(1), 58–65. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4246
Syafrudin, U., Darmawan, D., & Ridwan, I. R. (2019). Penerapan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bangga sebagai Anak Indonesia. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.661
Yulia, I., & Irwan, I. (2019). Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Probing Prompting Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 104–122. https://doi.org/10.30659/j.6.2.104-122