Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menunjang Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Ulil Nur Inawati Brawijaya University
  • Muhammad Hambali Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Kristen YBPK Wonoasri dan menganalisis dampak GLS terhadap kemampuan literasi peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes AKM literasi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas 5 SD Kristen YBPK Wonoasri. Hasil penelitian diketahui Gerakan Literasi Sekolah belum dilaksanakan di SD Kristen YBPK Wonoasri. Maka dari itu penelitian ini dilaksanakan. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah diantaranya adalah Gerakan mencintai perpustakaan, gerakan membaca dan berdongeng 15 menit sebelum memulai pembelajaran, penyediaan pojok baca dan mading literasi, serta penyelenggaraan lomba cipta baca puisi. Hasil dari implementasi menunjukan GLS memberikan dampak pada peningkatan nilai AKM literasi dari kategori 5 (25%) menjadi kategori 2 (75%), serta peningkatan softskills peserta didik diantaranya peningkatan kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan belajar.

 

Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Literasi, Peserta Didik, Sekolah Dasar

 

References

Ali, M. (2018). Pengaruh Ceramah dan Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 45-52.

Anisa, A. R., Ipungkarti, A.A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1-12.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayah, L. (2017). “Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan:Studi Kasus di
Sekolah Dasar Negeri di Surabaya”. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 48-58.

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur. A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 185-194.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Pengembangan Gerakan Literasi. Jakarta: Kemendikbud.

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A.(2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68.

Setiawan, D. A., & Kumala, F. N. (2021). Optimalisasi Program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam Membiasakan Budaya Membaca dan Menulis Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dikemas, 5(1), 1-10.

Silvia, O.W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tim GLN Kemendikbud. (2017). “Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional”. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.

Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497-503.
Published
2024-06-05
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 9 times