Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning

  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Yuli Febrianti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kelayakan modul IPA berbasis Problem Based Learning ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan yang biasanya dikenal dengan sebutan metode penelitian R&D. Dalam penelitian ini menggunakan desain model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata penilaian kevalidan ketiga ahli sebesar 0,86 (sangat valid); 2) Uji coba kelompok terbatas memperoleh 89% (sangat praktis), uji coba kelompok besar memperoleh 93% (sangat praktis); 3) Hasil tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,5 dengan thitung=  2,71 dan   ttabel= 1,706. Sehingga hasil belajar dikatakan signifikan tuntas, dengan demikian modul pembelajaran yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif.

 

Kata kunci: Modul, Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar

References

Alkas, T.R dan Effendy. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kimia Lingkungan dan Kesadaran Lingkungan. SAINS, Volume 38, Nomor 1.

Anshary, I., & Edidas, E. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Motode Fault-Finding. (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(2).

Astuti, M.W, Hartini, S & Mastuang. 2017. Pengembangan Modul IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal: Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika (6).

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Jakarta: PT . Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka.

Hendryadi (2017) ‘Validitas Isi : Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis’, 2(2).

Heri, Retnawati. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sudewi, N.L, dkk. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4.

Sudirman, dkk. 2013. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Halaman 17. Palembang: LPTK Universitas Sriwijaya.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanudidjaja, B. 2015. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Prenada Media Group

Yaumi, Muhammad. 2018. Media & teknologi pembelajaran. Jakarta : Prenada media Group (Divisi Kencana).
Published
2024-08-13
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times