Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Gelombang Berjalan
Abstract
Abstrak: Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih sangat rendah karena kegiatan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan masih berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan soal tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi gelombang berjalan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi gelombang berjalan dalam bentuk soal esay dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi gelombang berjalan yang dikembangkan memiliki nilai validitas antara 0,67-0,79 masuk pada kategori tinggi, reliabilitas 0,90 masuk pada kategori sangat tinggi, daya pembeda 0,39-0,55 masuk pada kategori baik, dan tingkat kesukaran 0,44-0,61 masuk pada kategori sedang sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa insrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Kata kunci: Instrumen Tes, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Penilaian, Gelombang Berjalan
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen (I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Barokah, A., Sugianto, & Astuti, B. (2021). Analysis Of Evaluation Instrument Development Plan Based On Higher Order Thinking Skills (Hots) Thermodynamics Legal Materials. Jurnal Phenomenon, 11(1), 75–86.
Barta, A., Fodor, L. A., Tamas, B., & Szamoskozi, I. (2022). The Development Of Students Critical Thinking Abilities And Dispositions Through The Concept Mapping Learning Method – A Meta-Analysis. Educational Research Review, 37(July), 100481. Https://Doi.Org/10.1016/J.Edurev.2022.100481
Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 41–50. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.3.1.41-50
Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Fisika Di Sma. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V7i1.4436
Dong, M., Li, F., & Chang, H. (2023). Heliyon Trends And Hotspots In Critical Thinking Research Over The Past Two Decades : Insights From A Bibliometric Analysis. Heliyon, 9(6), E16934. Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2023.E16934
Herawati, I. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Fisika Siswa Kelas Xi Sman 14 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 299–323. Retrieved From Https://Jurnal.Widyahumaniora.Org/Index.Php/Jptwh/Article/View/62
Husnawati, A., Hartono, H., & Masturi, M. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 133–140.
Ihsan, F. H. (2020). Penerapan Model Poe2we Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Materi Gelombang Berjalan Dan Gelombang Stasioner. Jurnal Pendidikan Fisika, 16-22.
Jarvis, M. A., & Baloyi, O. B. (2020). Scaffolding In Reflective Journaling: A Means To Develop Higher Order Thinking Skills In Undergraduate Learners. International Journal Of Africa Nursing Sciences, 12(January), 100195. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijans.2020.100195
Jayanti, E. (2020). Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Kimia Sma. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 135–149. Https://Doi.Org/10.19109/Ojpk.V4i2.4368
Jiang, Y. (2022). Evaluation Of Pedagogical Impact Of Business English Textbooks On Teaching Critical Thinking Skills. Heliyon, 8(11), E11419. Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2022.E11419
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The Development Of Learning Innovation To Enhance Higher Order Thinking Skills For Students In Thailand Junior High Schools. Heliyon, 7(6), E07309. Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2021.E07309
Lumbangaol, S. T. P., & tambunan, L. O. (2022). Pengembangan Test HOTS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Zat Padat. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(06), 98–112.
Martin, T. I. H. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 18–21. Retrieved From Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Indeks.Php/Pendidikanfisika
Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 136–145. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V8n1.P136-145
Maya Agustia Ningsih, N. I. (2023). Efektivitas Aplikasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 290-296.
Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 169–180. Https://Doi.Org/10.21831/Jpts.V3i2.43919
Nisa, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan Instrument Penilaian Hots Berbantuan Quizizz Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2146–2159. Retrieved From Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/756
Nowlan, N., Arya, A., Qorbani, H. S., & Abdinejad, M. (2023). Higher-Order Thinking Skills Assessment In 3D Virtual Learning Environments Using Motifs And Expert Data. Computers & Education: X Reality, 2(February), 100012. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cexr.2023.100012
Park, J. H., Li, Y., & Niu, W. (2023a). Revisiting Creativity And Critical Thinking Through Content Analysis. 33(April). Https://Doi.Org/10.1016/J.Yjoc.2023.100056
Park, J. H., Li, Y., & Niu, W. (2023b). Revisiting Creativity And Critical Thinking Through Content Analysis. Journal Of Creativity, 33(April). Https://Doi.Org/10.1016/J.Yjoc.2023.100056
Putri, N. A., & Rodliyatul Jauhariyah, M. N. (2021). Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Quizizz Pada Materi Usaha Dan Energi. Kappa Journal, 5(1), 88–101. Https://Doi.Org/10.29408/Kpj.V5i1.3661
Sa’idah, N., & Isnaini, I. K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thingking Skill (HOTS) Mata Pelajaran Fikih Kelas XI Di MA Masalikil Huda Tahunan Jepara. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 209–220.
Schiering, D., Sorge, S., Tröbst, S., & Neumann, K. (2023). Course Quality In Higher Education Teacher Training: What Matters For Pre-Service Physics Teachers’ Content Knowledge Development? Studies In Educational Evaluation, 78(March). Https://Doi.Org/10.1016/J.Stueduc.2023.101275
Surapranata. (2004). Analisis Validitas, Reabilitas, Dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanjung, Y. I., & Dwiana, Y. A. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Critical Thinking Skill Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7(4), 80–86. Retrieved From Http://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Inpafi
Weisdiyanti, N., & Juliani, R. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Fisika Berbasis HOTS Tingkat Sma Di Kota Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 8(3), 7–17.
Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Instrumen Integrated Science Test Tipe Pilihan Ganda Beralasan Untuk Mengukur HOTS Peserta Didik. Saintifika, 21(2), 1–14. Retrieved From Issn: 1411 – 5433.
Copyright (c) 2024 Rapi Priatna, Tri Wahyu Agustina, Adam Malik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.