Penerapan Simulasi PhET Konversi Energi Berbasis Saintifik Untuk Mengukur Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika
Abstract
Pemahaman konsep Fisika di Program Studi pendidikan Fisika Universitas PGRI Silampari sangat penting untuk mendukung bidang keahlian mereka dalam memahami materi yang lebih kompleks. Mata kuliah Mekanika terdiri dari berbagai macam konsep yang abstrak diantaranya pada materi Konversi Energi. Penggunaan program komputer seperti aplikasi PhET Simulasi sangat penting guna menjelaskan materi yang abstrak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat minat belajar mahasiswa setelah diterapkan media PhET berbasis Saintifik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif mengenai minat belajar setelah penerapan pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester III yang mengambil mata kuliah Mekanika di Program Studi pendidikan Fisika Universitas PGRI Silampari. Instrumen penelitian yaitu Angket Minat belajar yang berjumlah 20 pernyataan. Hasil penelitian diperoleh dari angket minat mahasiswa dengan nilai persentase 73,17 %, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan media PhET simulasi berbasis Saintifik pada materi Konversi Energi dapat membuat minat belajar mahasiswa tinggi. Dapat disimpulkan bahwa setelah pembelajaran menggunakan media PhET, minat belajar mahasiswa menjadi tinggi.
Kata Kunci : Minat Belajar, Phet Simulasi, Konversi Energi.
References
Arifin, Mohammad Muhsin, Srihandono Budi Prastowo, and Alex Harijanto. 2022. “Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pembelajaran Fisika 11 (1): 16. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612.
Kunlestiowati, H. 2018. “Analisis Penyimpangan Konversi Energi Listrik Menjadi Kalor Pada Perangkat Eksperimen Hukum Joule.†Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika 5 (1): 34. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.9210.
Maulina, Putri Hendria, Linda Puspita, and Nuraini Usman. 2018. “5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Dan Mengkomunikasikan) Tema Cita-Citaku Kelas Iv Sd Negeri 157 Palembang.†Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan 5 (2): 132–39.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ngadinem, Ngadinem. 2019. “Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.†Jurnal Ilmiah WUNY 1 (1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26850.
Nurhasanah, S., dan A. Sobandi., 2016., Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), hal 128-135.
P. Achru, Andi., 2019., Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), hal 205-215.
Ridwan, and Abdul Latief. 2019. “Pengaruh Jumlah Sudu Pada Turbin Angin Sumbu Vertikal Terhadap Distribusi Kecepatan Dan Tekanan.†Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa 24 (2): 141–51. https://doi.org/10.35760/tr.2019.v24i2.2392.
Rizaldi, Dedi Riyan, A. Wahab Jufri, and Jamaluddin Jamaluddin. 2020. “PhET: Simulasi Interaktif dalam proses Pembelajaran Fisika.†Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5 (1): 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-factor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supurwoko, Supurwoko, C Cari, Sarwanto Sarwanto, Sukarmin Sukarmin, Rini Budiharti, and Tiarasita Summa Dewi. 2017. “Virtual Lab Experiment: Physics Educational Technology (PhET)Photo Electric Effect for Senior High School.†International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 2 (1): 381. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16750.
Syukri, Muhammad. 2020. “Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Model PBL†14 (2).
Yudiarsah, Efta. 2016. Buku Rancangan Pengajaran (BRP) Mata Kuliah Mekanika Dan Panas. Jakarta : Universitas Indonesia.