Upaya Meningkatkan Critical Thinking Siswa Melalui Pengembangan Video Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Problem Based Learning

  • Maria Intan Solecha Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Sri Jumini Jumini Universitas Sains Al-Qur’an
  • Mukhtar Sofwan Hidayat Universitas Sains Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan critical thinking siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang merupakan akronim untuk Analyze, Develop, Implement dan Evaluate. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Ngalian sejumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode angket, validasi (ahli media, ahli materi, ahli praktisi serta pengguna) sedangkan diskriptif kuantitatif meliputi hasil peningkatan critical thinking siswa dengan menggunakan pre-test dan post-test. Dari perhitungan angket ahli materi diperoleh rata-rata 96,43% sehingga materi pada video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan angket ahli media diperoleh rata-rata 94,23% sehingga video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan angket ahli praktisi diperoleh rata-rata 98,5% sehingga video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan kelayakan pengguna diperoleh kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan angket validasi, maka video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dinyatakan valid. Hasil penelitian menujukkan bahwa video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dapat meningkatkan critical thinking siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis uji N-Gain sebesar 0,69 sehingga tergolong sedang.

Kata Kunci: critical thinking, video pembelajaran IPA, PBL

Referensi

Andriani, Khantika., Subiki., Supriadi, Bambang, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) disertai Video Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di SMA”, Vol. 10 No. 1.

Arin Tentrem, Mawati dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis

Daddy dan Cecep. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Don dan Paul. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks

Herlina Herdian Septiani, Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 FBEP UPI), Skripsi Sarjana, UPI, Jakarta, 2014.

Koentjaraningrat. 2017. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ratna Dwi Rahayu, Eko Prayitno, “Minat dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video”, Vol. 4 No. 1 2020.

Sihotang, Kasdin. 2019. Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Sleman: PT Kanisius

Sri Pusporini, dkk, “Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Solving menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. PPs Univeritas Sebelas Maret, Vol. 1 No 2012.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tumanggor, Mike. 2021. Berfikir Kritis, (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21). Ponorogo: Gracias Logis Kreatif

Ulpi Saharsa, Muhammad Qaddafi, Baharuddin, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika”, Vol. 6 No. 2 2018.

Waseso, Purba Hendri. 2016. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia
Diterbitkan
2023-07-17
Abstrak viewed = 51 times
PDF (English) downloaded = 40 times