Upaya Meningkatkan Critical Thinking Siswa Melalui Pengembangan Video Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan critical thinking siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang merupakan akronim untuk Analyze, Develop, Implement dan Evaluate. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Ngalian sejumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode angket, validasi (ahli media, ahli materi, ahli praktisi serta pengguna) sedangkan diskriptif kuantitatif meliputi hasil peningkatan critical thinking siswa dengan menggunakan pre-test dan post-test. Dari perhitungan angket ahli materi diperoleh rata-rata 96,43% sehingga materi pada video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan angket ahli media diperoleh rata-rata 94,23% sehingga video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan angket ahli praktisi diperoleh rata-rata 98,5% sehingga video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan kelayakan pengguna diperoleh kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan angket validasi, maka video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dinyatakan valid. Hasil penelitian menujukkan bahwa video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dapat meningkatkan critical thinking siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis uji N-Gain sebesar 0,69 sehingga tergolong sedang.
Kata Kunci: critical thinking, video pembelajaran IPA, PBL
References
Arin Tentrem, Mawati dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis
Daddy dan Cecep. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Don dan Paul. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks
Herlina Herdian Septiani, Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 FBEP UPI), Skripsi Sarjana, UPI, Jakarta, 2014.
Koentjaraningrat. 2017. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ratna Dwi Rahayu, Eko Prayitno, “Minat dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Videoâ€, Vol. 4 No. 1 2020.
Sihotang, Kasdin. 2019. Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Sleman: PT Kanisius
Sri Pusporini, dkk, “Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Solving menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswaâ€. PPs Univeritas Sebelas Maret, Vol. 1 No 2012.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tumanggor, Mike. 2021. Berfikir Kritis, (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21). Ponorogo: Gracias Logis Kreatif
Ulpi Saharsa, Muhammad Qaddafi, Baharuddin, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisikaâ€, Vol. 6 No. 2 2018.
Waseso, Purba Hendri. 2016. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia