Analisis Kevalidan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning

  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Yuli Febrianti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Abstract: This research aims to 1) Design a Problem Based Learning based science module 2) Measure the feasibility of a Problem Based Learning based science module in terms of validity, practicality and effectiveness. The method used is a research and development approach which is usually known as the R&D research method. The development design used is a 4D model development design. The research results show that from the analysis of the three validators, namely material, media and language experts, they obtained a value of 0.89, which is in the very valid category.

Key word: Analysis, Science Module, Problem Based Learning

References

Alkas, T.R dan Effendy. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kimia Lingkungan dan Kesadaran Lingkungan. SAINS, Volume 38, Nomor 1.

Hendryadi (2017) ‘Validitas Isi : Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis’, 2(2).

Anshary, I., & Edidas, E. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Motode Fault-Finding. (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(2).

Astra, I. M., & Setiawan, A. D. (2008). Fisika Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Astuti, M.W, Hartini, S & Mastuang. 2017. Pengembangan Modul IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal: Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika (6).

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanudidjaja, B. 2015. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Prenada Media Group.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media & teknologi pembelajaran. Jakarta : Prenada media Group (Divisi Kencana).
Published
2024-01-13
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 11 times