Penerapan Media Audio Visual Senam Lantai Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah peneliti ingin mendeskripsikan adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar senam lantai siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan SMP 11 Rejang Lebong. Dengan mengikuti jadwal jam belajar olahraga setiap hari selasa, kamis dan sabtu pada pukul 07.30 s/d selesai WIB. Jenis penelitian yang gunakan adalah metode penelitian eksperimen. Desain yang diambil dalam peneltiana ini adalah one group pretest-posttest desain penelitian ini mengetahui penerapan metode latihan push up terhadap penerapan media audia visual terhadap hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 11 Rejang Lebong. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti senam lantai berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu tes pre test dan post test, matras. Analisis data penelitian ini menggunakan statistic parametric uji-t yaitu paired sample t-test melalui software program statistical for social science (SPSS) seri 22. Hasil pengujian diperoleh nilai t hitung untuk hasil belajar senam lantai 6,020 dengan probabilitas (sig.) 0,000. Nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima. Pembelajaran dengan penerapan media audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada senam lantai siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.
Kata kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Senam Lantai.
Copyright (c) 2023 Yuliati Yuliati, Ahmad Gawdy Prananosa, Wawan Syafutra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.