Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Pada SDN XYZ
Abstract
Keipeimimpinan adalah proseis uintuik meimpeingaruihi peirilakui orang lain agar meincapai tuijuian teirteintui. Peingaruih peimimpin pada kineirja guirui dapat meinciptakan iklim seikolah yang meinghambat eifeiktivitas keirja guirui. Gaya keipeimimpinan keipala seikolah dapat meimbeirikan dalam baik ataui buiruiknya kineirja guirui. Tuijuian dari peineilitian ini adalah uintuik meingeitahuii gaya keipeimimpinan keipala seikolah dan kineirja guirui di SDN XYZ. Juimlah informan dalam peineilitian ini adalah seibanyak 11 orang. Peineilitian ini meingguinakan peindeikatan kuialitatif deingan meingguinakan meitodei peinguimpuilan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi non partisipan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan proses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh
Thei puirposei of this stuidy is to find ouit thei leiadeirship stylei of thei principal and thei peirformancei of teiacheirs at SDN XYZ. Thei nuimbeir of informants in this stuidy is 11 peioplei. This stuidy uiseis a quialitativei approach by uising thei data colleiction meithod uiseid is inteirvieiws and non-participant obseirvations. Thei validity teist of thei data uiseid in this stuidy uiseis a trianguilation proceiss. Thei reisuilts of thei stuidy show that thei leiadeirship stylei applieid by thei principal is obtaineid baseid on thei reisuilts of inteirvieiws with teiacheirs, which is an auithoritarian leiadeirship stylei that disciplineis leiarning timei, and obeiys thei ruileis that apply in thei school einvironmeint. Conclusion, this stuidy also shows thei reisuilts on teiacheir peirformancei baseid on thei reisuilts of inteirvieiws with school principals showing teiacheir peirformancei that still doeis not meieit and is beilow standard in teiacheir peirformancei asseissmeint.
Keiywords: Leiadeirship stylei, Teiacheir Peirformancei.
References
Elvi Juniarti, N. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. 193-199.
Fauziah Nasution, F. P. (2020). Kepemimpinan dan Berfikir Sistem. Jakarta: Kencana.
Gandhis Arine Oktyama, A. W. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Akuntansi dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening . Economic Education Analysis Journal, 994-1009.
Inge Kadarsih, S. M. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. 195-201.
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru . Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 101-106.
Novianty, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 940-950.
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya
Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7-14
.
Rorirampandey, W. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah dasar. Malang: Ahlimedia Press
.
Sancoko, C. H., & Sugiarti, R. (2022). Kinerja Guru dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Rokania, 1-14.
Sari, G. F. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Koentokoesniohadi Agency Bekasi . 14-31.
Suprianto, J. (2018). Manajemen. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Susanto, A. (2016). Konsep Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenada Media Group.
Syahril, S. (2019). Teori-Teori Kepemimpinan . Jurnal Sosial dan Keagamaan , 209-215.
Tampubolon, M. (2022). Dinamika Kepemimpinan. 1-7.
Copyright (c) 2024 Dewi Trisnawati, Aam Rachmat Mulyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.