Kajian Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Pokok Animalia Melalui Pendekatan Saintifik di SMA dengan Peringkat Akreditasi yang Berbeda
Abstract
This study aims to determine the differences in the argumentation ability of students in high school with different accreditation ratings. The method used is a survey with an ex post facto research design and a sample selection technique using purposive sampling. The results of the student's argumentative ability test were analyzed statistically with the ANOVA test with a significance level of 5% and the data from interviews and teacher questionnaires were analyzed descriptively. The results showed that the argumentation ability of students in schools with accreditation ratings A was significantly different from those with accreditation ratings B and C. In addition, the argumentation ability of students in schools with accreditation rating B was significantly different from those with accreditation rating C. In conclusion, the average value of argumentation ability of students in high school with accreditation ratings of A, B and C on the subject matter of Animalia has a significant difference.
Keywords: Accreditation, Animalia, Argumentation, Scientific Approach
References
Apriliani, N., Suharsono, S., & Diella, D. (2019). Hubungan Penguasaan Konsep dengan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik pada Sub Konsep Kelainan Respirasi Manusia. Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya (SN-Biosper) Tahun 2019 "Integritas dan Sinergitas Biologi, Sains, Teknologi, dan Pembelajarannya dalam Menghadapi Revolution Society 5.0", 326-331. http://conference.unsil.ac.id/index.php/biosper/2019/paper/view/73/65
Aswar, M. A., Patandean, A. J., & Herman, H. (2019). Studi Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik SMAN Se-Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(3), 43–52. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13497
Fatmawati, D. R., Harlita, H., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253-259. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/31790/21270
Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 92–96. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15143/7468
Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah. https://bansm.kemdikbud.go.id/unduh/get/93
Mairing, J. P. (2016). Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Akreditasi. Jurnal Kependidikan, 46(2), 179-192. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9655
Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Biodiversitas di Kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22
Mubarok, O. S., Muslim, & Agus, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA pada Materi Pengukuran. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21â€, 381-387. https://www.neliti.com/publications/172262/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-masalah-dengan-pendekatan-saintifik-terhada
Nasution, E. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Siswa Melalui Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry (ADI). Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 100-108. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/375
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515/443
Peprina, R., Indrawati, S., & Ratnawati, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Bernalar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(2), 110-117. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lingua/article/view/11093/5255
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603
Rahayu, S., & Amri, F. (2021). Perbandingan Pembelajaran Daring dengan Video dan Zoom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.29407/jsp.v4i1.15
Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik, 6(3), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802
Rizawati, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (Communication Skill) dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Infografis. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.976
Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242
Susanti, R., Puspitahati, R. P., & Nawawi, E. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Penguasaan Konsep Kingdom Animalia pada Peserta Didik SMA Srijaya Negara Palembang. Prosiding Semanas Nasional Pendidikan IPA 2017: STEM untuk Pembelajaran Sains Abad 21, 354–360. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/702/319
Tanfiziyah, R., & Rochintaniawati, D. (2021). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa Mengenai Isu Sosiosaintifik dalam Pembelajaran Online. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 6(1), 6-14. https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.4081
Utami, A. T., Atmojo, R. W., & Saputri, D. Y. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 11–17. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/49290/31049
Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 38–55. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2130
Yolida, B., Damarwulan, R. A., & Sikumbang, D. (2020). Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(1), 56–65. https://doi.org/10.29405/j.bes/4156-653610
Zahara, I. K., Rosidin, U., Helina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 2(2), 53–61. https://doi.org/10.19109/jifp.v2i2.2630