Kajian Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Pokok Animalia Melalui Pendekatan Saintifik di SMA dengan Peringkat Akreditasi yang Berbeda

  • Tantri Dewantari Universitas Lampung
  • Neni Hasnunidah Universitas Lampung
  • Dina Maulina Universitas Lampung

Abstract

This study aims to determine the differences in the argumentation ability of students in high school with different accreditation ratings. The method used is a survey with an ex post facto research design and a sample selection technique using purposive sampling. The results of the student's argumentative ability test were analyzed statistically with the ANOVA test with a significance level of 5% and the data from interviews and teacher questionnaires were analyzed descriptively. The results showed that the argumentation ability of students in schools with accreditation ratings A was significantly different from those with accreditation ratings B and C. In addition, the argumentation ability of students in schools with accreditation rating B was significantly different from those with accreditation rating C. In conclusion, the average value of argumentation ability of students in high school with accreditation ratings of A, B and C on the subject matter of Animalia has a significant difference.

Keywords: Accreditation, Animalia, Argumentation, Scientific Approach

References

Anita, A., Afandi, A., & Tenriawaru, A. B. (2019). Pentingnya Keterampilan Argumentasi di Era Ledakan Informasi Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019 "Optimalisasi Kualitas Pembelajaran Abad 21 di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menghasilkan Pendidikan yang Profesional", 1740-1746. https://www.researchgate.net/publication/343859546

Apriliani, N., Suharsono, S., & Diella, D. (2019). Hubungan Penguasaan Konsep dengan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik pada Sub Konsep Kelainan Respirasi Manusia. Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya (SN-Biosper) Tahun 2019 "Integritas dan Sinergitas Biologi, Sains, Teknologi, dan Pembelajarannya dalam Menghadapi Revolution Society 5.0", 326-331. http://conference.unsil.ac.id/index.php/biosper/2019/paper/view/73/65

Aswar, M. A., Patandean, A. J., & Herman, H. (2019). Studi Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik SMAN Se-Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(3), 43–52. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13497

Fatmawati, D. R., Harlita, H., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253-259. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/31790/21270

Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 92–96. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15143/7468

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah. https://bansm.kemdikbud.go.id/unduh/get/93

Mairing, J. P. (2016). Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Akreditasi. Jurnal Kependidikan, 46(2), 179-192. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9655

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Biodiversitas di Kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Mubarok, O. S., Muslim, & Agus, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA pada Materi Pengukuran. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21”, 381-387. https://www.neliti.com/publications/172262/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-masalah-dengan-pendekatan-saintifik-terhada

Nasution, E. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Siswa Melalui Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry (ADI). Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 100-108. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/375

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515/443

Peprina, R., Indrawati, S., & Ratnawati, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Bernalar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(2), 110-117. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lingua/article/view/11093/5255

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603

Rahayu, S., & Amri, F. (2021). Perbandingan Pembelajaran Daring dengan Video dan Zoom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.29407/jsp.v4i1.15

Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik, 6(3), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Rizawati, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (Communication Skill) dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Infografis. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.976

Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242

Susanti, R., Puspitahati, R. P., & Nawawi, E. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Penguasaan Konsep Kingdom Animalia pada Peserta Didik SMA Srijaya Negara Palembang. Prosiding Semanas Nasional Pendidikan IPA 2017: STEM untuk Pembelajaran Sains Abad 21, 354–360. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/702/319

Tanfiziyah, R., & Rochintaniawati, D. (2021). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa Mengenai Isu Sosiosaintifik dalam Pembelajaran Online. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 6(1), 6-14. https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.4081

Utami, A. T., Atmojo, R. W., & Saputri, D. Y. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 11–17. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/49290/31049

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 38–55. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2130

Yolida, B., Damarwulan, R. A., & Sikumbang, D. (2020). Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(1), 56–65. https://doi.org/10.29405/j.bes/4156-653610

Zahara, I. K., Rosidin, U., Helina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 2(2), 53–61. https://doi.org/10.19109/jifp.v2i2.2630
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 109 times
pdf downloaded = 104 times