Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sd Quran Terpadu Nurul Islam Johar Karawang

  • Geby Satama Putri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Wanta Wanta Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Hidayaty Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Work environment, teacher performance, discipline

Abstract

Para guru menghadapi sejumlah tantangan berkaitan dengan faktor lingkungan dan disiplin kerja saat ini. Salah satu masalah utama adalah ketersediaan infrastruktur pendidikan yang memadai, yang masih kurang termasuk ruang kelas dan fasilitas belajar yang layak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana lingkungan kerja dan disiplin kerja mempengaruhi kinerja guru di SD Quran Terpadu Nurul Islam Johar Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 52 orang (sampel jenuh). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kinerja guru, sementara disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Peneliti menyimpulkan bahwa disiplin kerja dapat meningkatkan kinerja guru dan berdampak positif pada kualitas pengajaran dan pembelajaran. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen di lingkungan pendidikan.

Kata kunci: lingkungan kerja, kinerja guru, disiplin.

 

ABSTRACT

                Teachers face a number of challenges related to environmental factors and work discipline today. One of the main issues is the availability of adequate educational infrastructure, which is still lacking including proper classrooms and learning facilities. The purpose of this study was to assess how work environment and work discipline affect teacher performance at Nurul Islam Integrated Quranic Elementary School in Johar Karawang. The research method used is quantitative with data collection techniques through distributing questionnaires. The sample used amounted to 52 people (saturated sample). Data analysis used multiple linear regression with the help of SPSS software version 29. The results showed that the work environment partially had no positive effect on teacher performance, while work discipline simultaneously had a positive effect on teacher performance. The researcher concluded that work discipline can improve teacher performance and have a positive impact on the quality of teaching and learning. The findings have important implications for the development of management policies and practices in educational settings.

References

Analytical and Capacity Development Partnership. (2014). Studi Kehadiran Guru di Indonesia 2014. Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahri, S. M. (2018). Pengaruh kepemimpinan lingkungan kerja, budaya organisasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja yang berimplikasikan terhadap kinerja dosen. Jakad Media Publishing.
Chicco, D., Warrens, M. J., & Jurman, G. (2021). The Coefficient of Determination R-squared is More Informative than SMAPE, MAE, MAPE, MSE and RMSE in Regression Analysis Evaluation. PeerJ Computer Science.
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Fauzi, A., & Nugroho, A. R. H. (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga University Press.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9 ed.). Universitas Diponegoro.
Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media.
Soetrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2022). Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi. Bumi Aksara.
Djafar, H., Putri, H. E., Nurbaiti, P., & Hamzah, Z. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTS Madani Pao-Pao. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 10–19.
Elfita, R. Z. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di MTS Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 37–55.
Lubis, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1).
Munandar, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Guru Melalui Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru MTSN Malang Raya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahman, Y. A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tsaqofah. Jurnal Pendidikan Islam.
Saputra, A. F. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Penguatan Ekonomi pada Usaha Kedai 168. Jurnal Pijar, 1(3), 727–731.
Subardi, S. B., Dacholfany, M. I., & Sutanto, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(2), 203–209.
Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.
Wanta, M. M. (2017). Analisis Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai DInas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 2.2.
Yunianto, D. (2021). Analisis Pertumbuhan dan Kepadatan Penduduk terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Forum Ekonomi, 23(3).
Published
2024-06-05
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 38 times