Pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan dengan Risiko Kredit dan Ukuran Perusahaan sebagai Pemoderasi

  • Putu Hendra Enteriadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Sinarwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Likuiditas, Kinerja Keuangan, Risiko Kredit, Ukuran Perusahaan, Bank Pembangunan Daerah

Abstract

Sektor perbankan di Indonesia menghadapi tantangan signifikan, terutama selama pandemi Covid-19, yang menyebabkan penurunan profitabilitas akibat berkurangnya penyaluran kredit. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Juli 2020 menunjukkan penurunan pertumbuhan kredit perbankan menjadi 1,53%, turun dari 7,95% pada Maret 2020, yang mengakibatkan penurunan Return on Assets (ROA) dari 2,50% pada Juli 2019 menjadi 1,90% pada Juli 2020. Bank Pembangunan Daerah (BPD) juga mengalami penurunan kinerja keuangan akibat penarikan dana pemerintah daerah untuk penanganan pandemi. Penelitian ini mengkaji pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan likuiditas terhadap kinerja keuangan BPD. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif kausal dengan sampel 11 BPD yang mengalami penurunan laba selama periode 2019 hingga 2022, menghasilkan 44 data pengamatan. Untuk mengukur kinerja keuangan, rasio modal inti terhadap aktiva tertimbang menurut risiko (ROA), KPMM menggunakan rasio modal inti terhadap aktiva tertimbang menurut risiko, likuiditas diukur dengan Loan to Deposit Ratio (LDR), risiko kredit diukur dengan rasio Non-Performing Loan (NPL), dan ukuran perusahaan diukur dengan logaritma natural dari total aset. Data diuji dengan analisis regresi moderasi. Penelitian menunjukkan bahwa KPMM dan likuiditas sangat menguntungkan kinerja keuangan; risiko kredit memoderasi pengaruh KPMM terhadap kinerja keuangan, dengan risiko kredit tinggi melemahkan dampak positif modal yang memadai terhadap kinerja keuangan. Ukuran perusahaan memoderasi pengaruh likuiditas terhadap kinerja keuangan, dengan perusahaan dengan manajemen likuiditas yang lebih baik menunjukkan kinerja keuangan yang lebih baik. Temuan ini menekankan pentingnya pengelolaan modal, likuiditas, dan risiko kredit untuk meningkatkan kinerja keuangan bank.

Kata Kunci : Likuiditas, Kinerja Keuangan, Risiko Kredit, Ukuran Perusahaan, Bank Pembangunan Daerah

References

[1] Dewi, Herlina Kartika. (2020).”NIM perbankan melorot saat pandemi corona, ternyata ini pemicunya.” Tersedia pada https://keuangan.kontan.co.id/news/nim-perbankan-melorot-saat-pandemi-corona-ternyata-ini-pemicunya. Diakses tanggal 24 Oktober 2020.
[2] Wiratmini, Ni Putu Eka. (2020). ”Bank Pembangunan Daerah, Dilema Likuiditas Terkait Pemda.” Tersedia pada https://finansial.bisnis.com/read/20200527/90/1245562/bank-pembangunan-daerah-dilema-likuiditas-terkait-pemda. Diakses tanggal 24 Oktober 2020.
[3] Dendawijaya, Lukman. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
[4] Ariani, L. O., Mendra, N. P. Y., dan Bhegawati, D. A. S. (2020). Kualitas Kredit Sebagai Pemoderasi Pengaruh Tingkat Penyaluran Kredit dan BOPO Terhadap Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Se Kecamatan Kediri Tahun 2016-2018. Jurnal Kharisma, 2(2), 284-305.
[5] Cholifah, E. (2016). Analisis Pengaruh Likuiditas dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Bank dengan Risiko Kredit Bermasalah Sebagai Variabel Moderating Pada Bank BUMN yang Listing di BEI. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[6] Nur, T. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1), 1-11.
[7] Nisaputra, Rezkiana. (2020).”Peran Penting BPD Dongkrak Perekonomian Daerah Pasca Pandemi Covid-19.” Tersedia pada https://infobanknews.com/topnews/peran-penting-bpd-dongkrak-perekonomian-daerah-pasca-pandemi-covid19/. Diakses tanggal 24 Oktober 2020.
[8] Harahap, S. S. (2015). Teori Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[10] Sartono, A. R. (2017). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Published
2024-06-14
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 11 times