Efektifitas Penggunaan Media Promosi Digital (KOL) Untuk Meningkatkan Brand Awareness Dalam Perdagangan Internasional

  • Caesarly Rachmadea Universitas Widyatama
  • Rizqi Muttaqin Universitas Widyatama
Keywords: Universitas Widyatama Indonesia

Abstract

Pemasaran melalui Tiktok juga semakin berkembang dengan adanya tren dan fenomena baru yang dikenal dengan Key Opinion Leader (KOL) adalah individu yang berkualitas dengan keahlian, pengetahuan, dan pengalaman dibidang tertentu dan diakui oleh para followernya di jejaring sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media promosi KOL terhadap minat beli. Penelitian dilakukan dengan memakai metode kuantitatif, data primer dari kuesioner yang dijawab oleh 100 orang. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa penggunaan KOL Tasya farasya di Tiktok memiliki dampak positif dan besar terhadap brand awareness produk Somethinc. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tasya farasya berhasil meningkatkan brand awareness melalui perannya sebagai KOL di Tiktok mampu menumbuhkan kepercayaan merek dengan memberikan review, informasi tentang kegunaan dan instruksi penggunaan produk Somethinc.

 

Kata kunci : Key Opinion Leader, Marketing Communication, Brand Awareness, Brand Personality, Brand Identity, Tiktok

References

Amelfdi, F., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 5(6), 474-482.
Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez). Jurnal Manajemen Agribisnis. 10(2), 508-520.
Bismo, A., & Sylvia, & Halim, W. (2022). Pengaruh Key Opinion Leader Terhadap Customer Engagement Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Jockey Indonesia. Jurnal Binis Darmajaya. 8(2), 120-127.
Duta, G. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Tiktok Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jiniso. Diakses dari :
http://digilib.unila.ac.id/59665/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Dwi, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Tiktok Dan Efeknya Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Islam Di Kelurahan Waydadi Baru Kecamatan Sukarame. Diakses dari: http://repository.radenintan.ac.id/15053/2/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
Dwianto dkk. (2022). Tiktok As A Brand Awareness Platform : A Review. European Modern Studies Journal. 6(6), 24-35.
Ediyarsono, & Dwitya, N. (2022). Pemaknaan Khalayak Terhadap
Trend Penggunaan Brand Ambassador Korea Dalam Iklan Skincare Lokal (Analisis Resepsi Iklan Somethinc X NCT Dream). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Eliasari, P., & Sukaatmadja, I. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality Dan Brand Loyalty. Jurnal Manajemen. 6(12), 6620-6650.
Genoveva, G. (2022). Tiktok Platform Oppurtunity : How Does It Influence SMES Brand Awareness Among Generation Z?. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics And Business. 5(3), 273-282. https://sijdeb.unsri.ac.id/index.php/SIJDEB/article/view/276
Gesmundo dkk. (2022). Tiktok As A Platform For Marketing Campaigns : The Effect Of Brand Awareness And Brand Recall On The Purchase Intetions Of Millennials. Journal Of Business And Management Studies. 4(2), 343-361.
Hendrajati, A. (2016). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image Dan Brand Trust Yamaha. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/38896/1/AdityaHendrajati_12808144007.pdf
He dkk. (2021). Overview On The Growth And Development Of Tiktok’s Globalization. Advances In Economics, Business And Management Research. Volume 203, 666-673.
Hidayanti, A., & Mandalika, E. (2023). Analisis Korelasi Pearson Biaya Produksi Terhadap Luas Lahan Petani Garam Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains. 4(1), 5-9.
Kamila, V. (2023). Prosedur Penerapan Pemasaran Key Opinion Leader Melalui Media Sosial TikTok Pada PT Akasha Wira International. Diakses dari : https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13492/1/Vannyza%20Citra%20Kamila_2 005311034_Cover,%20BAB%20I,%20dan%20BAB%20V.pdf
Laurenzia, B., Goenawan, F, & Yogatama, A. (2021). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Elemen Brand Somethinc. Jurnal E- Komunikasi. 9(2), 2-12.
Lustono, & Fadila, L. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online Dan Viral
Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis STIE Tamansiswa Banjarnegara Vol. 20, 11-24.
Mahardhika, M., & Fadli, J. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsment, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Produk Somethinc Di Instagram. Jurnal Akutansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi (AMBITEK). Vol. 3, 214-222.
Mubarok, D. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA
Bandung).Jurnal Indonesia Membangun. 15(3), 61-76.
Mumtaz, Z., & Saino. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen. 13(2), 282-291.
Muttaqin dkk. (2023). The Effect Of Logos In Marketing Communication On Consumer Behavior. Jurnal Internasional Ekonomi. 2(2), 579-591.
Novita, D., & Oktaviani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual Dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi, 4(2):372. Oktober 1, 2020. Terarsip di: https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/8214/5855
Nurdiansyah, F., & Suhartini, T. (2021). Nilai Edukasi Pada Aplikasi Tiktok Di Kalangan Remaja Kota Bandung. Journal of Communication Studies, 3(2), 138-146.
Nurjannah, A., & Surianto, M. (2022). The Influence Of Tiktok , Brand Ambassador, And Brand Awareness On Shopee’s Purchase Interest. Interdisciplinary Social Studies. 1(6), 624-658.
Pandiangan, K., Masiyono, & Atmogo, Y. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity : Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471-484.
Purwitasari, U. (2023). Pengaruh Label ‘Tasya Farasya Approved”Pada Katalog Produk Luxcrime Blur And Cover Two Way Cake Di Shopee Terhadap Minat Beli Yang Dimoderasi Brand Awareness (Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Diakses dari http://repository.unissula.ac.id/31634/1/Ilmu%20Komunikasi_32801900082_fullpdf.pdf
Putra, B. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Influencer Marketing Dan Integrated Marketing Communication Erigo Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akutansi. 1(2), 99-106.
Putri, N., Dhea, A., & Rian, D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 401-410.
Sahabuddin dkk. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skintific Dalam Perspektif Mahasiswa UNM. Jurnal Manajemen.3(2), 198-208.
Sharabati dkk. (2022). The Impact Of Tiktok User Satisfaction On Continuous Intention To use The Appliaction. Journal Of Open Innovation : Technology, Market, And Complexity. 8, 125. https://doi.org/10.3390/joitmc8030125.
Sidauruk, K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Baru Oleh Bigissimo.id Di Masa Pandemi. Diakses dari : http://e-journal.uajy.ac.id/26227/3/16%2009%2006001%202.pdf
Sriwendah, S., & Ningsih, W. (2022). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy (Survei Pada Konsumen Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta). Jurnal Bisnis. 10(1), 28-38.
Sukmawati, D., Mathori, M, & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akutansi Dan Bisnis Indonesia. 2(2), 579-599.
Sulindra dkk. (2022). Pemanfaatan Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing Di Kalangan Masyarakat. Journal Of Business Finance And Economic. 3(2).
Tarina dkk. (2023). Pengaruh Personal Branding Tasya Farasya Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mothe Of Pearl. Jurnal Global Komunikaasi. 6(1), 61-71.
Wardani, D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorses, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 5(2), 1148-1160.
Yuliwati, D. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Lemonilo Di Kecamatan Bekasi Utara). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Published
2024-07-07
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 10 times