Pengaruh Debt To Asset (DAR), Current Ratio (CR) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021

  • Ria Rezeki Ambarita Universitas Prima Indonesia
  • Astri Yholand Br Pasaribu Universitas Prima Indonesia
  • Angel Monica Firma Uli Hutagaol Universitas Prima Indonesia
  • Lenta Friska Purba Universitas Prima Indonesia
  • Juli Meliza Universitas STIM Sukma
Keywords: DAR, CR, ROA

Abstract

Ada pun arah riset ini dilakukan agar melihat secara Uji T kemudian Uji F hubungan antara variabel liabilitas dan aset, current ratio dan return on assets. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan sampel sebanyak 80 data untuk diolah. Data berasal dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Melalui temuan maka ditarik kesimpulan penelitian sebagai berikut. DAR (X1) secara terpisah signifikan terhadap ROA thitung 3,710 dan ttabel 1,685, Sementara CR (X2) dengan terpisah tidak signifikan atas ROA thitung 1,464 serta ttabel 1,685. Secara bersama-sama DAR maupun CR signifikan kepada ROA fhitung 8,540 lebih banyak dari ftabel 3,240. Artinya variabel terikat juga berpengaruh secara parsial terhadap variabel bebas sehingga variabel “rasio aset-liabilitas” mempunyai pengaruh. Pada saat yang sama, rasio lancar tidak berdampak pada hasil investasi dan dampak terkait. Variabel DAR dan CR berpengaruh terhadap ROA.

References

Roni, M. H., & Dewi, I. R. (2015). Pengaruh Debt To Equity Ratio (Der) Dan Debt To Asset Ratio (Dar) terhadap Profitabilitas yang Diukur dengan Return on Total Assets (Roa) pada PT Energi Mega Persada Tbk Periode 2010-2014. Jurnal Indonesia Membangun.
Literasi, Gramedia. "Pengertian Return on Assets (ROA), Rumus, Fungsi, Manfaat, Serta Contoh Perhitungannya." (2021).
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016) Kumpulan Skripsi Tentang Sistem SIA,SIM, DBMS. N.P., Aryanto.
Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasmir, (2018). Analisi Laporan Keuangan. Depok: Rajawali Persada.
https://www.idx.co.id/id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan
Published
2024-06-28
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 4 times