Pelayanan Publik Berbasis Online Di Desa (Studi Pada Desa Permisan Kecamatan Jabon)
Abstract
Era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital dalam pelayanan publik, termasuk di tingkat desa, dengan Desa Permisan di Kecamatan Jabon menjadi contoh menarik implementasi pelayanan publik berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi pelayanan publik berbasis online di Desa Permisan, Kecamatan Jabon, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi untuk mengeksplorasi implementasi pelayanan publik berbasis online di Desa Permisan. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, dengan teknik triangulasi dan member checking untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian memaparkan bahwa Implementasi pelayanan publik berbasis online di Desa Permisan, Kecamatan Jabon merupakan inisiatif untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan publik, dengan sistem Sipraja untuk pengurusan surat-surat umum dan Plavon untuk administrasi kependudukan. Meskipun menghadapi tantangan seperti kesenjangan digital dan kendala teknis, sistem ini telah memberikan dampak positif dengan mempercepat pelayanan dan memberikan fleksibilitas akses. Faktor pendukung utama meliputi komitmen pemerintah desa, sosialisasi efektif, dan respon positif warga, sementara faktor penghambat termasuk kesenjangan digital, kendala teknis, dan keterbatasan infrastruktur. Pemerintah desa terus berupaya mengatasi tantangan yang ada, termasuk rencana perluasan jaringan wifi dan peningkatan infrastruktur teknologi informasi, untuk mengoptimalkan implementasi sistem ini.
References
Amertha, A. A. B. M. (2024). Analisis Layanan Pengaduan Melalui Aplikasi Sidumas Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Badung Menggunakan Metode EUCS. IPDN.
Hamurdani, & Kholik, A. (2023). SISTEM INFORMASI Manajemen Kesiswaan: Systematic Literature Review. Al - Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1(4).
Ikhbaluddin, I. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Online Di Desa (Studi Pada Empat Desa Di Kecamatan Jatinangor). Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2), 16–30. https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.2309
Ilham, A. A., Zainuddin, Z., Nurtanio, I., Indrabayu, Niswar, M., Adnan, Warni, E., Tahir, Z., Alimuddin, A. P., Yohannes, C., Paundu, A. W., Yusuf, M., Bustamin, A., Aswad, I., Alief, M., Oemar, F. I., Areni, I. S., & Muslimin, Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat dalam Upaya Membangun Desa Digital. Technology Awareness for Tackling Community Issues, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v6i1.296
Indrayani, E. (2023). Integrasi Sistem Layanan Digital: Transformasi Digital untuk Masa Depan Pelayanan Publik di Indonesia. CV Cendekia Press.
J. Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Kurnia, T., & Rosdiana, W. (2023). Analisis Kualitas Layanan Melalui E-Plavon (Pelayanan Via Online) Di Desa Trosobo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Tata Kelola Lembaga Publik Untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), 1(1).
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Labolo, M. (2017). Peluang dan Ancaman Otonomi Desa Pasca Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 7(2), 73. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v7i2.42
Mulianingsih, I., Asmawi, M. R., & Firdiyani, F. (2024). Pelayanan Publik Berbasis Online Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10643721
Nugroho, R. A., & Purbokusumo, Y. (2020). E-Government Readiness: Penilaian Kesiapan Aktor Utama Penerapan E-Government di Indonesia. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17933/iptekkom.22.1.2020.1-17
Onitsuka, K., Hidayat, A. R. T., & Huang, W. (2018). Challenges for the next level of digital divide in rural Indonesian communities. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Di Negara Berkembang, 84(2). https://doi.org/10.1002/isd2.12021
Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jpsb.v9i2.2103
Revida, E., Purba, S., Faza, I., Yendrianof, D., Syafrizal, Pratiwi, I. I., Sutrisno, E., Farrah, Harsanti, P. S., Faried, A. I., Prasetya, A. B., Fajrillah, Sipayung, P. D., & Hendrayani, Y. (2022). Tata Kelola Bumdes Dalam Pengembangan Desa Wisata. Yayasan Kita Menulis.
Rosyadi, S., Nugroho, R. A., Yusuf, M., & Yuniningsih, A. T. (2021). Administrasi Publik di Era Disrupsi dan Big Data. SIP Publishing.
Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2). https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497
Sarjito, A. (2023). Dampak Digitalisasi Administrasi Perdesaan di Negara Berkembang. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 13(2), 106–124. https://doi.org/10.33592/jiia.v13i2.3814
Setyasih, E. T. (2022). Transformasi Digital Pemerintah Daerah Di Era Society 5.0: Studi Kasus Di Provinsi Jawa Barat. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 5(3), 59–66. https://doi.org/10.54783/japp.v5i3.657
Sindiana, D. A., & Rodiyah, I. (2023). Implementation of a Website Based Village Information System in the Dukuhsari Village Government Jabon Distric. UMSIDA Preprints Server. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ups.3122
Styo, V. P., & Sukmana, H. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Di Pemerintah Desa Entalsewu Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 776–793. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.440
Sugiman. (2018). Pemerintahan Desa. Binamulia Hukum, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37893/jbh.v7i1.316
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.11
Wijayanto, R., Dewi, S. A. K., & Iswahyudi, G. (2022). Pemerintahan Desa dalam Karakteristik Otonomi Desa di Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 4(2), 365–374. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v4i2.1866
Zamharira, C., Ulsyafa, U., & Fanzikri, M. (2023). Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas di Mal Pelayanan Publik Kota Banda Aceh. Jurnal Sanger: Social, Administration and Goverment Review, 1(2).
Copyright (c) 2024 Fierda Lestari Sarpangga Putri, Emmira Iffat, Mokh Irwanto, Muhammad Fatihul Iman, Sutrisno Sutrisno, Sigit Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.