Analisis Social Media Influencer Terhadap Impulse Buying Melalui Content Marketing Sebagai Varaibel Mediasi Pada Pengguna Kosmetik Di Indonesia

  • Ridha Kholidah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sopyan Sauri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: pengaruh media social, pemasaran konten, pembelian impulsif

Abstract

Bagi organisasi atau perusahaan saat ini, media sosial banyak digunakan sebagai media atau alat untuk melakukan komunikasi pemasaran. Taktik dan strategi disusun berdasarkan kapabilitas yang dimiliki dan target yang ingin diraih bagi suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media influencer terhadap impulse buying yang dimediasi oleh cobtent marketing pada produk Skintific di Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis asosiatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 120 responden yang merupakan pengguna produk Skintific dari 6 kelurahan di Kota Sukabumi. Data diperoleh melalui kuesioner penelitian yang disebarkan seluruh sampel berisi 24 pernyataan mengenai variabel social media influencer, content marketing dan impulse buying. Selanjutnya data yang diperoleh akan dilakukan berbagai pengujian seperti uji validitas dan reabilitas menggunakan bantuan software PLS 4.1.0. Hasil penelitian menunjukan pengaruh signifikan antara social media influencer dapat meningkatkan pembelian impulse buying pada pengguna Skintific di Kota Sukabumi.

References

Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Cen Lu, & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57–73. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.2558
Aeni, S. N. (2022). Menilik sejarah media sosial, manfaat, dan contohnya. Dkatadata.co.id.
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42
Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(2), 428–433. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.65
Gracelia, Y., & Indriani, F. (2023). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Social, Reputasi Influencer dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Melalui Kepercayaan Merek Sebagai VariabelIntervening(Studi Pada Pengguna Tiktok Shop Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(4), 2337–3792. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
Hasanah, F., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Aplikasi Tiktok terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(November), 348–360.
Indriawan, B. M., & Santoso, I. H. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing, Dan Shopping Lifestyle Content Creator Tiktok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 905–914. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3368
Lailiawati, N. (2022). Pengaruh Content Marketing, Frekuensi Penayangan Iklan, Dan Kualitas Pelayanan Dalam Sosial Media (Instagram) Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Toko Fashion Qomeshop Kota Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(1), 906–915. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2275
Lavenia, G., & Erdiansyah, R. (2022). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Perceived Trust terhadap Impulsive Buying Menantea. Prologia, 6(2), 328–333. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15523
Limandono, J. A. D. D. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial : Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing : Antecedents and Consequenc-. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 187–196.
Muhamad Alvi Irpansyah, Asep M. Ramdan, R. D. M. D. (2019).Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram DalamMeningkatkan Minat Beli Pada Toko Online di Instragram. ::Journal of Economic, Business and Accounting Volume 2 Nomor 2, Juni 2019 e-ISSN : 2597-5234, 2, 5–10.
Naimah, S., Komariah, K., Saori, S., & Sukabumi, U. M. (2023). Analysis Advertising, Cashback Promotion, And Flash Sale On Online Impulse Buyingtitle Analisis Iklan, Promosi Cashback, Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9671–9681. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619
Pratiwi, N., Asrina, A., & Hasan, C. (2023). Hubungan Pengetahuan Dengan Pemilihan Skincare Pada Remaja Putri Di SMPN 1 Awangpone. Window of Public Health Journal, 4(4), 630–637. https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.1185
Purwanto, A. S. A. C., & Purwanto, T. (2019). ¬Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Trustworthiness (Studi Pada Akun Instagram @Kulinersby). Majalah Ekonomi, 24(2), 219–231. https://doi.org/10.36456/majeko.vol24.no2.a2068
Putri, A. N., & Apriani, R. (2022). Perlindungan Konsumen Atas Predaran Skincare Yang Belum Mendapat Izin Edar Dari Bpom. Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 9(3), 1227–1233. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2628739&val=15646&title=Perlindungan Konsumen AtasPeredaran Skincare Yang Belum Mendapat Izin Edar dari BPOM
Rachmi, O. C. R., & Hendrati, D. M. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.544
Santoso, R. P., & Risan, R. (2023). the Influence of Store Atmosphere and Social Media Marketing on Impulse Buying Behavior. Journal of Humanities and Social Studies, 1(03), 928–934.
Sri Fitri Widianingsih. (2022). Analisis Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Operator Seluler Dengan Customer Relationship Management Sebagai Variabel Mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1611–1621. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Surbakti, M. K. R., Wijayanto, G., & Pailis, E. A. (2022). Pengaruh Influencer, Lifestyle Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Di E-Commerce (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Kota Pekanbaru). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2). https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol4/iss2/1
Yahmini, E. (2020). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga. Exero:Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 41–56. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2110
Published
2024-07-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times