Analisis Daya Saing Ekspor Vanili Indonesia Di Pasar Amerika Serikat Tahun 2011-2020

  • Burhan Abel Taqi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ignatia Martha Hendrati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: RCA, CMS, vanili, ekspor, Amerika Serikat

Abstract

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk vanili yang dapat tumbuh dengan baik di negara ini. Antara tahun 2011 dan 2020, terdapat pertumbuhan tahunan dalam tren konsumsi barang-barang yang terbuat dari komponen organik di AS, yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan permintaan vanili. Penelitian memiliki tujuan yakni mengkaji daya saing ekspor vanili Indonesia, serta pangsa pasarnya di Amerika Serikat, dan membandingkannya dengan negara pengekspor lainnya dengan mempertimbangkan situasi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif, dengan penggunaan data sekunder sebagai salah satu jenis data yang digunakan. Keunggulan komparatif komoditas vanili Indonesia di pasar AS dipastikan melalui teknik analisis data seperti Revealed Comparative Advantage (RCA). Untuk mengetahui pangsa pasar dari komoditas vanili Indonesia di pasar Amerika Serikat menggunakan pendekatan Constant Market Share (CMS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat daya saing vanili Indonesia mampu mengungguli Meksiko dan Uganda namun masih di bawah Madagaskar. Dari segi pangsa pasar, vanili Indonesia memiliki pangsa pasar yang lebih rendah dibandingkan eksportir pesaing lainnya di pasar Amerika Serikat.

References

Anggraeni, I., Nurhadi, E., & Widayanti, S. (2020). Ekspor Vanili Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Berkala Ilmiah AGRIDEVINA, 8(2), 99–114. https://doi.org/10.33005/adv.v8i2.1802
Bever, L. (2015). Nestle announces its chocolate bars are going natural. Chicago Tribune. https://www.chicagotribune.com/dining/recipes/chi-nestle-going-natural-20150218-story.html
Borbolla-Pérez, V., Iglesias-Andreu, L. G., Luna-Rodríguez, M., & Octavio-Aguilar, P. (2017). Perceptions regarding the challenges and constraints faced by smallholder farmers of vanilla in Mexico. Environment, Development and Sustainability, 19(6), 2421–2441. https://doi.org/10.1007/s10668-016-9863-y
Ditjenbun. (2022). Harta Terpendam Komoditas Perkebunan yang Dimiliki Indonesia. Direktorat Jenderal Perkebunan. https://ditjenbun.pertanian.go.id/harta-terpendam-komoditas-perkebunan-yang-dimiliki-indonesia/
Firjionita, P. C., Antara, M., & Sudarma, I. M. (2021). Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Vanili di Provinsi Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 10(1), 95–105. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2232669
Gupta, S. D. (2014). Comparative Advantage and Competitive Advantage: An Economics Perspective and a Synthesis. Athens Journal of Business & Economics, 1(1), 9–22. https://doi.org/10.30958/ajbe.1-1-1
Hendrati, I. M., Esquivias, M. A., Perdana, P., Yuhertiana, I., & Rusdiyanto, R. (2024). US-China trade war on ASEAN region: oligopoly or systemic market structure? Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2306686
Jamil, A. S. (2019). Daya Saing Ekspor Kopi di Pasar Global. Agriekonomika: Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 8(1), 26–35.
Joshi, S. (2022). Vanilla Market Worth US$ 1,956.09 Mn, Globally, by 2028 at 4.5% CAGR - Exclusive Report by The Insight Partners. PR Newswire.
Laursen, K. (2015). Revealed comparative advantage and the alternatives as measures of international specialization. Eurasian Business Review, 5(1), 99–115. https://doi.org/10.1007/s40821-015-0017-1
Malik, N. (2017). Ekonomi Internasional. UMMPress.
Nopriyandi, R., & Haryadi. (2017). Analisis Ekspor Kopi Indonesia. Jurnal Paradigma Ekonomika, 12(1), 192–203.
Purba, B., Purba, D. S., Purba, P. B., & Nainggolan, P. (2021). Ekonomi Internasional. Yayasan Kita Menulis.
Sharma, R., & Bora, S. (2017). Influence of explants type and Plant Growth Regulators on in vitro multiple shoot regeneration of Vanilla planifolia. International Journal of Agricultural Science and Research (IJASR), 7(2), 189–196.
Tampubolon, J. (2019). RCA Analysis with Selected Products to Enchance Prediction Power of Competitiveness. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Vol 11 (2)(April 2015), 143–157.
Wardani, M. A., & Mulatsih, S. (2018). Analisis Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Ban Indonesia Ke Kawasan Amerika Latin. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 6(1), 81–100. https://doi.org/10.29244/jekp.6.1.2017.81-100
Wulandari, S., & Lubis, A. S. (2019). Analisis Perkembangan Ekspor Impor Barang Ekonomi di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 31–36. https://doi.org/10.14710/jab.v8i1.22403
Published
2024-07-25
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 16 times