A SYSTEMATIC REVIEW MEMPERKUAT UMKM DI ERA DIGITAL: VALUE CO-CREATION SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KESEJAHTERAAN PELANGGAN

  • Puspita Chairun Nisa Universitas Esa Unggul
  • Tantri Yanuar Rahmat Syah Universitas Esa Unggul
Keywords: value co-creation, pemasaran digital, UMKM, loyalitas pelanggan, tanggung jawab sosial perusahaan, kualitas layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi urgensi value co-creation dan relasinya dengan pemasaran digital, serta dampaknya terhadap peningkatan daya saing dan kesejahteraan pelanggan, khususnya dalam konteks UMKM di era digital. Penelitian ini mengkaji sepuluh artikel yang dipublikasikan antara tahun 2020 hingga 2024, yang terindeks dalam Sinta dan jurnal internasional, untuk mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai implementasi dan manfaat value co-creation. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematic lieteratur review dengan menggunakan PRISMA. Temuan penelitian menunjukkan bahwa value co-creation merupakan konsep penting yang mampu meningkatkan interaksi sosial, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan. Studi oleh Zou & Shao (2022) dan Nadeem dkk. (2021) menyoroti peran signifikan partisipasi pelanggan dalam platform ekonomi berbagi, sedangkan penelitian oleh Chulakorn (2024) dan Jintana (2024) menggarisbawahi pentingnya kualitas layanan dan teknologi terkini. Penelitian lain, seperti yang dilakukan oleh Reid dkk. (2021) dan Adamik & Nowicki (2019), menekankan pentingnya etika dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam proses co-creation nilai. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan value co-creation dapat membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan pelanggan. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya adalah untuk mengeksplorasi lebih lanjut interaksi antara teknologi, etika, dan CSR dalam value co-creation serta melakukan studi empiris yang lebih luas di berbagai sektor industri dan konteks geografis yang berbeda. Hal ini penting untuk memahami dinamika co-creation nilai secara mendalam dan mengembangkan strategi bisnis yang efektif dalam pemasaran digital.

References

Adamik, A., & Nowicki, M. (2019). Pathologies and Paradoxes of Co-Creation: A Contribution to the Discussion about Corporate Social Responsibility in Building a Competitive Advantage in the Age of Industry 4.0. Sustainability, 11(18), 4954. https://doi.org/10.3390/su11184954
Alexander, M., & Jaakkola, E. (2015). Customer engagement behaviours and value co-creation. Dalam Customer Engagement. Routledge.
Bardos, K. S., Ertugrul, M., & Gao, L. S. (2020). Corporate social responsibility, product market perception, and firm value. Journal of Corporate Finance, 62, 101588. https://doi.org/10.1016/j.jcorpfin.2020.101588
Chathoth, P., Altinay, L., Harrington, R. J., Okumus, F., & Chan, E. S. W. (2013). Co-production versus co-creation: A process based continuum in the hotel service context. International Journal of Hospitality Management, 32, 11–20. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2012.03.009
Chulakorn, S. (2024). Determining Standard of Service Excellent to Increase Customer Loyalty. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), Article 1.
Grönroos, C. (2011). Value co-creation in service logic: A critical analysis. Marketing Theory, 11(3), 279–301. https://doi.org/10.1177/1470593111408177
Ind, N., & Coates, N. (2013). The meanings of co‐creation. European Business Review, 25(1), 86–95. https://doi.org/10.1108/09555341311287754
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Jintana, I. (2024). Role of Service Quality and Updated Technology on Customer Satisfaction. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), Article 1.
Milinia, W., & Bintarti, S. (2024). Pengaruh Currency Dan Co-Creation Terhadap Customer Loyalty Yang Dimediasi Oleh Customer Satisfaction. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5). https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.2542
Nadeem, W., Juntunen, M., Hajli, N., & Tajvidi, M. (2021). The Role of Ethical Perceptions in Consumers’ Participation and Value Co-creation on Sharing Economy Platforms. Journal of Business Ethics, 169(3), 421–441. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04314-5
Payne, A. F., Storbacka, K., & Frow, P. (2008). Managing the co-creation of value. Journal of the Academy of Marketing Science, 36(1), 83–96. https://doi.org/10.1007/s11747-007-0070-0
Prahalad, C. K., & Ramaswamy, V. (2004). Co‐creating unique value with customers. Strategy & Leadership, 32(3), 4–9. https://doi.org/10.1108/10878570410699249
Purwanza, S. W. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI. Cv. Media Sains Indonesia.
Putri, M. K., & Najib, M. F. (2024). Pengaruh adopsi teknologi digital dan value creation terhadap SME performance pada UMKM cafe di kota Bandung. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.29210/020243028
Ramadhona, C. F., Pinontoan, N. A., Jati, R. P., & Lestari, R. (2024). Analisis Komunikasi Pariwisata dalam Adopsi E-commerce pada Komunitas Lokal: Studi Kasus Desa Ngargoretno. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.11852
Ranjan, K. R., & Read, S. (2016). Value co-creation: Concept and measurement. Journal of the Academy of Marketing Science, 44(3), 290–315. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0397-2
Reid, C., Calia, C., Guerra, C., Grant, L., Anderson, M., Chibwana, K., Kawale, P., & Amos, A. (2021). Ethics in global research: Creating a toolkit to support integrity and ethical action throughout the research journey. Research Ethics, 17(3), 359–374. https://doi.org/10.1177/1747016121997522
Ribeiro, T. de L. S., Costa, B. K., Ferreira, M. P., & Freire, O. B. de L. (2023). Value co-creation in tourism and hospitality: A systematic literature review. European Management Journal, 41(6), 985–999. https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.12.001
Schultz, M., & Hatch, M. J. (2005). Building theory from practice. Strategic Organization, 3(3), 337–347. https://doi.org/10.1177/1476127005055795
Smith, J. B., & Colgate, M. (2007). Customer Value Creation: A Practical Framework. Journal of Marketing Theory and Practice, 15(1), 7–23. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679150101
Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2008). Service-dominant logic: Continuing the evolution. Journal of the Academy of Marketing Science, 36(1), 1–10. https://doi.org/10.1007/s11747-007-0069-6
Zou, J., & Shao, Y. (2022). A Study on Factors Affecting the Value Co-Creation Behavior of Customers in Sharing Economy: Take Airbnb Malaysia as an Example. Sustainability, 14(19), 12678. https://doi.org/10.3390/su141912678
Published
2024-11-18
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 1 times