PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDORONG KREATIVITAS DAN INOVASI IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI BISNIS RUMAHAN

  • Denni Denni Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Multi Sarana Manajemen Administrasi Dan Rekayasa Teknologi
  • Irwadi Irwadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Multi Sarana Manajemen Administrasi dan Rekayasa Teknologi Medan
  • Yessica Sardinia Purba Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Multi Sarana Manajemen Administrasi dan Rekayasa Teknologi Medan
Keywords: Media Sosial; Kreativitas; Inovasi; Pendapatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meneliti keberhasilan ibu rumah tangga dalam menggunakan media sosial untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui bisnis rumahan. Penelitian ini mengidentifikasi cara-cara inovatif dan kreatif yang digunakan oleh ibu rumah tangga dalam menggunakan media sosial untuk bisnis rumahan, serta metode yang efektif untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis rumahan mereka. Penelitian ini melibatkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, juga dikenal sebagai pendekatan campuran (Mixed Methods). Kuesioner, wawancara, dan survei adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Metode sampel purposive digunakan pada populasi, yang terdiri dari 80 orang ibu rumah tangga. Hasil penelitian penelitian campuran (mixed methods) ini menunjukkan penggunaan media sosial berperan serta dalam mendorong kreativitas dan inovasi ibu rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui bisnis rumahan.  Nilai R-Square, Kreativitas (X1), Inovasi (X2), Media Sosial (Z) mampu menjelaskan Pendapatan (Y) sebesar 72.9%. sedangkan sisanya 27.1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini dapat diartikan penggunaan media sosial berperan dalam mendorong kreativitas dan inovasi ibu rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui bisnis rumahan.

References

Alifuddin, M. dkk. (2015). Kewirausahaan: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. MAGNAscript Publishing.
Dewasiri, N., Weerakoon, Y., & Azeez, A. (2018). Mixed Methods in Finance Research. International Journal of Qualitative Methods. 17.
Drucker, P. F. (1985). Innovation and Enterpreneurship : Practice and Principles. Harper & Row.
Gustika, R. (2020). Pengaruh Pendapatan Dan Sikap Keuangan Terhadap Manajemen Keuangan (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 399–406. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.294
Gustina, M., Sumiati, A., & Mardi, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 133–151. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41027
Happ, M., Dabbs, A., Tate, J., Hricik, A., & Erlen, J. (2006). Exemplars of Mixed Methods Data Combination and Analysis. Nursing Research, 55, S43–S49.
Harisandi, P., Rabiatul Hariroh, F. M., & Zed, E. Z. (2023). Media Sosial, Pendidikan Kewirausahaan Berdampak terhadap Minat Berusaha Dimensi oleh Inovasi Mahasiswa di Cikarang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 784–802. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.852
Hochschild, Arlie; Machung, A. (2012). The Second Shift: Working Families and the Revolution at Home. Penguin Books.
Husna, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Studi Kasus Pada Ardhina Batik Motif Medan. Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15671
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: bergerak dari tradisional ke digital (A. Tarigan (ed.)).
Lestari, I. P. (2024). Optimalisasi Media Online dalam Pengembangan Wirausaha Ibu PKK Tunjungsekar. Jurnal Gramaswara, 4(1), 71–81. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2024.004.01.08
Munandar, U. (2013). Pengembangan Kreativitas Anak. Rineka Cipta.
Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1. https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2678
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rahmayanti, Y., Murni, Y., & Mulyani, S. (2023). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Pembuatan Emping Melinjo Rumahan (Studi Kasus Di Desa Padang Birik-Birik Kecamatan Pariaman Utara). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 2(1), 70–80. https://doi.org/10.47233/jppisb.v2i1.686
Ramadhani, S. D. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial Facebook Bagi Ibu Rumah Tangga. Komunikasi Islam, 1(2), 18–27. https://repository.uir.ac.id/16054/1/179110128
Schumpeter, J. (1934). The Theory Economic Development. Harvard University Press.
Sidiq, Asri Wiari; Rizkiana, Citra; Fuadi, M. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI KELURAHAN METESEH KOTA SEMARANG. Open Journal System, 17(19), 525–536.
Sofianto, A. (2020). Potensi Inovasi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Matra Pembaruan, 4(2), 93–107. https://doi.org/10.21787/mp.4.2.2020.93-107
Soraya, E. A., & Nugraheni, Y. (2018). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Industri Kreatif Rumah Tangga Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Public Relation, 2(1), 1–19. https://ejournal.uksw.edu/precious/article/download/5481/1973/
Sudirman, Acai; Hartini; Wardhana, A. (2023). Kewirausahaan (Era Internet Of Things). CV. Media Sains Indonesia.
Umikalsum, R. A., Kurniawan, M. A., & Sari, R. P. (2022). Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Sebagai Pengrajin Atap Nipah Di Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(1), 16. https://doi.org/10.32502/jsct.v11i1.4713
Widada, C. K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130
Published
2024-10-01
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times