DAMPAK UMPAN BALIK PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF PERUSAHAAN TEKNOLOGI DI INDONESIA

  • Eka Hendrayani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Badirun Basir Universitas Sulawesi Barat
  • Zainal Abidin Universitas Ichsan Gorontalo
  • Bekti Utomo Universitas Sebelas Maret
Keywords: Kata Kunci: Umpan Balik Pelanggan, Kualitas Layanan, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif, Perusahaan Teknologi, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak umpan balik pelanggan, kualitas layanan, dan inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif perusahaan teknologi di Indonesia. Menggunakan metode survei dengan 100 perusahaan teknologi sebagai sampel, data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Kualitas layanan memiliki pengaruh paling kuat, diikuti oleh umpan balik pelanggan dan inovasi produk. Nilai R Square sebesar 0.65 menunjukkan bahwa 65% variasi dalam keunggulan kompetitif dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Hasil ini menegaskan pentingnya perusahaan teknologi untuk fokus pada pengelolaan umpan balik pelanggan, peningkatan kualitas layanan, dan inovasi produk guna mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan teknologi di Indonesia dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif di tengah persaingan yang ketat.

References

DAFTAR PUSTAKA
Agung, M., & Hendra, H. (2023). Inovasi Produk Dalam Konteks Pemasaran Internasional: Strategi Dan Implementasi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2523–2528.
Al-Mommani, K., Al-Afifi, A., & Mahfuz, M. A. (2015). The Impact of Social Networks on Maximizing the Competitive Value of Micro, Small, and Medium Enterprises. In International Journal of Management Science and Business Administration (Vol. 1, Issue 3). http://researchleap.com/category/international-journal-of-management-science-and-business-administration
Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian kembali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108.
Anton, E. E. (2023). Persepsi Kualitas Layanan Bus Rapid Transit di Kota Makassar: Perspektif Gender dalam Konteks Transportasi Umum. Journal of Applied Civil and Environmental Engineering, 3(1), 62–68.
Bruce, E., Shurong, Z., Egala, S. B., Amoah, J., Ying, D., Rui, H., & Lyu, T. (2022). Social Media Usage and SME Firms’ Sustainability: An Introspective Analysis from Ghana. Sustainability (Switzerland), 14(15). https://doi.org/10.3390/su14159433
de Leaniz, P. M. G., & del Bosque, I. R. (2013). Intellectual capital and relational capital: The role of sustainability in developing corporate reputation. Intangible Capital, 9(1), 262–280. https://doi.org/10.3926/ic.378
Dewi, D. C., Sudarmiatin, S., & Hermawan, A. (2022). THE EFFECT OF INNOVATION ON F&B MMSMEs IN MALANG CITY. In International Journal of Management and Informatics (Vol. 1, Issue 3).
Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3). https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027
Kotler, K., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Buku 1, Edisi 13. Indonesia: Erlangga.
Kotler, P. (2009). Marketing management: A south Asian perspective. Pearson Education India.
Mediawati, E. (2016). Internal Control and Quality of Financial Reporting in Zakat Management Organization. Advances in Economics, Business and Management Research.
Nuraini, F., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 50–57.
Rahmawati, R., Hudayah, S., & Paminto, A. (2023). Social media, saving the food & beverages business in the COVID-19 era? Cogent Business and Management, 10(3). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2258637
Sari, W. A., & Najmudin, M. (2021). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Layanan Dan Pengalaman Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pulepayung Kabupaten Kulon Progo. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 49–58.
Severi, E., & Ling, K. C. (2013). The mediating effects of brand association, brand loyalty, brand image and perceived quality on brand equity. Asian Social Science, 9(3), 125–137. https://doi.org/10.5539/ass.v9n3p125
Sugiyono, P. D. (2018). Quantitative, qualitative, and R&D research methods. Bandung:(ALFABETA, Ed.).
Wulandary, E., Mas’ ud, M., & Ashoer, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Era Digitalisasi Media Pemasaran Online E-Commerce dengan Menggunakan E-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan. Center of Economic Students Journal (CSEJ), 6(1), 44–59.
Published
2024-11-20
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 0 times