PENGARUH KOREAN WAVE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIP TINT AZARINE PADA GENERASI Z DI SURABAYA
Abstract
Penyebaran budaya populer Korea Selatan secara global telah memberikan dampak pada tren produk kosmetik yang berkaitan dengan Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Korean Wave (X1) dan Electronic Word of Mouth (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk lip tint Azarine pada generasi Z di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan untuk sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen lip tint Tinted Lippie Cake Azarine. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pernah membeli produk lip tint Tinted Lippie Cake Azarine, mengetahui budaya populer Korea Selatan, pengguna media sosial X, perempuan generasi Z, dan berdomisili di Surabaya. Analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korean Wave dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk lip tint Azarine pada generasi Z di Surabaya.
References
Cahyani, A., & Zahara, Z. (2021). Pengaruh Korean Wave Dan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Korea. Jurnal Smart, 1(1), 20–26.
Cantika.com. (2023). Prediksi Tren Makeup 2024, Riasan Bibir Lip Tint Masih jadi Primadona. Diakses pada 23 April 2024, dari https://www.cantika.com/read/1782810/prediksi-tren-makeup-2024-riasan-bibir-lip-tint-masih-jadi-primadona#goog_rewarded
Cantika.com. (2023). Tren Lipstik 2024, Lip Tint Diprediksi Akan Menggeser Popularitas Lip Cream. Diakses pada 7 Juli 2024, dari https://www.cantika.com/read/1813651/tren-lipstik-2024-lip-tint-diprediksi-akan-menggeser-popularitas-lip-cream
Compas.co.id. (2023). Bibir Bicara, Lip Tint Beraksi: 5 Merk Lip Tint Terbaik di Shopee Ini Sukses Mencium Kemenangan. Diakses pada 3 Mei 2024, dari https://compas.co.id/article/5-merk-lip-tint-terbaik/
Fachrosi, E., Fani, D. T., Lubis, R. F., Aritonang, N. B., Azizah, N., Saragih, D. R., & Malik, F. (2020). Dinamika fanatisme penggemar k-pop pada komunitas bts-army medan. Jurnal Diversita, 6(2), 194–201. http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/3782
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e‐WOM Scale: Word‐of‐Mouth Measurement Scale for e‐Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Kompas.com. (2023). Penggemar Budaya Korea di Indonesia Dinilai Tinggi di Antara 26 Negara. Diakses pada 22 April 2024, dari https://travel.kompas.com/read/2023/09/01/150500827/penggemar-budaya-korea-di-indonesia-dinilai-tinggi-di-antara-26-negara
Kompas.com. (2023). Tren dan Budaya Korea Masih Diminati Masyarakat Indonesia. Diakses pada 28 April 2024, darihttps://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/16/054544820/tren-dan-budaya-korea-masih-diminati-masyarakat-indonesia?page=all
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing [Global Edition] by Philip Kotler Gary Armstrong (17th ed.). Pearson Education Limited. www.pearsongglobaleditions.com
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (15th ed., Vol. 15E). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Lancia, F., Liliyana, & Azis, A. (2023). K-Beauty dan Standar Kecantikan di Indonesia (Analisis Wacana Sara Mills pada Kanal YouTube Priscilla Lee). Jurnal Multidisiplin West Science, 2(1), 56–68. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i1.175
Nguyen, X. T. (2020). Factors that influence the intentions to revisit Korea of Vietnamese tourists. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(4), 247–258. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO4.247
Nst, V. F. H. (2023). Pengaruh E-Wom terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Citra Merek dan Kepercayaan Merek pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Junal Ilmiah Metadata, 5(2), 350–372.
Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59. https://doi.org/10.35917/tb.v22i1.225
Rosario, A. B., de Valck, K., & Sotgiu, F. (2020). Conceptualizing the electronic word-of-mouth process: What we know and need to know about eWOM creation, exposure, and evaluation. Journal of the Academy of Marketing Science, 48, 422–448.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). PerilakuKonsumen (EdisiKetujuh). Jakarta Barat: Indeks.
Statista. (2023). Popularity of South Korean Beauty Products in Indonesia from 2018 to 2022. Diakses pada 23 April 2024, darihttps://www.statista.com/statistics/1349777/south-korea-korean-beauty-popularity-in-indonesia/
Sumiati. (2020). Dampak Etnosentrime dan Budaya Populer terhadap Sikap Konsumen serta Implikasinya terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(2), 27–31.
Thompson, A. A., &Peteraf, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. McGraw-Hill Education.
Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55.
Copyright (c) 2024 Illona Ratna Dewanti, Nuruni Ika Kusuma Wardhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.